%A NIM.: 22204085019 Destia Khairunisa %O Pembimbing: Sibawaihi, S.Ag., M.Si.,Ph.D. %T PENGEMBANGAN WEB HELP TEACHER UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI ADMINISTRASI GURU MIN 2 TANGERANG SELATAN %X Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010, guru tidak hanya memiliki tugas mengajar, membimbing, dan mengevaluasi peserta didik saja. Namun lebih rincinya guru harus menyusun silabus pembelajaran, laporan harian kinerja, menyusun RPP/Modul, membuat soal, menilai, hingga mengevaluasi peserta didik di kelasnya. Dengan banyaknya tugas tersebut, guru merasa kurang waktu untuk melengkapi tugas administrasi. Terlebih lagi, jika ada kegiatan lain di luar sekolah seperti yang dirasakan oleh guru di MIN 2 Tangerang Selatan. Seiring dengan berubahnya kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka, tentunya banyak istilah dan susunan administrasi yang berubah. Beberapa guru MIN 2 juga merasa kebingungan dengan perubahan tersebut. Oleh karenanya, kita memerlukan solusi baru untuk mengatasi permasalahan ini. Saat ini teknologi sudah berkembang dengan cepat dan hampir setiap kegiatan kita berhubungan dengan teknologi. Khususnya di dunia pendidikan. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan Help Teacher untuk Meningkatkan Efisiensi Administrasi Guru MIN 2 Tangerang Selatan Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan media teknologi berbasis web yang dapat digunakan guru dalam membuat administrasi guru secara efektif dan efisien di MIN 2 Tangerang Selatan; 2) Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan web Help Teacher dalam menyelesaikan tugas administrasi guru MIN 2 Tangerang Selatan; 3) Meringankan dan memudahkan guru dalam membuat administrasi guru secara efisien di MIN 2 Tangerang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan cara statistic deskriptif dan statistic parametris. Penelitian menghasilkan tiga kesimpulan, yaitu: 1) Karakteristik web help teacher dalam meningkatkan efisiensi administrasi guru dapat digunakan secara online dan offline, fitur pada web ini diantaranya adalah prota, prosem, presensi, modul ajar, materi, dan penilaian. 2) Berdasarkan uji paired simple t-test, peningkatan efisiensi web help teacher memperoleh nilai Sig. (2-tailed) hasil pre test dan post test sebesar 0,027. Jika dilihat berdasarkan teori, apabila nilai Sig.(2-tailed)= 0,027 < 0,05 maka H1 di terima. Yang diartikan sebagai web Help Teacher dapat meningkatkan efisiensi dalam menyelesaikan tugas administrasi guru di MIN 2 Tangerang Selatan. 3) Terdapat kelebihan dan kekurangan web help teacher. Kelebihan web Help Teacher ini memudahkan saat mengerjakan administrasi secara mendadak, menghemat waktu, dapat di akses secara online dan offline, praktis digunakan, dapat dikerjakan di mana saja, lebih efektif untuk menyusun administrasi guru, dan terdapat templete yang disediakan. Adapun kekurangan web Help Teacher ini adalah Kekurangan, belum ada format modul ajar kurtilas, fitur-fitur yang disediakan kurang lengkap, tambahkan analisis penilaian, harus menggunakan internet, kurang fitur laporan kinerja harian, dan tampilan masih kurang menarik. %K Administrasi Guru, Madrasah Ibtidaiyah, Help Teacher %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib68422