%A NIM.: 22204011012 Faizah Naily %O Pembimbing: Prof. Dr. Sukiman, M.Pd. %T PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) TERHADAP KEPEMIMPINAN DAN SPIRITUAL SISWA DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN YOGYAKARTA %X Hidden curriculum merupakan salah satu upaya yang sering terabaikan dalam pembentukan karakter. Proses pembentukan karakter dapat dibantu oleh banyak faktor, termasuk pengelolaan kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstrakulikuler, pembiasan nilai dan etika yang baik, dan pembentukan lingkungan sekolah yang berkarakter bergitupula dengan karakter kepemimpinan dan spiritual siswa yang dipengaruhi oleh hidden curriculum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kurikulum tersembunyi terhadap kepemimpinan siswa di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta, (2) pengaruh kurikulum tersembunyi terhadap spiritual siswa di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta, (3) seberapa besar pengaruh kurikulum tersembunyi terhadap kepemimpinan dan spiritual siswa di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini memiliki 127 responden. Teknik dalam pengambilan data menggunakan angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, dan uji hipotesis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh hidden curriculum (X) terhadap kepemimpinan siswa kelas VII, berdasarkan uji T table dengan Nilai thitung X1 sebesar 4.267 > ttabel 1,9791 dengan signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima menandakan bahwa hidden curriculum (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepemimpinan siswa (Y). (2) Ada pengaruh hidden curriculum (X) terhadap spiritual siswa kelas VII, berdasarkan uji T table dengan nilai thitung X1 sebesar 3.984 > ttabel 1,9791 dengan signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima menandakan bahwa hidden curriculum X1 berpengaruh positif dan signifikan terhadap spiritual siswa (Y). (3) Nilai F-Significance (Sig.) untuk pengaruh hidden curriculum terhadap kepemimpinan adalah 0,000, yang menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan pada Tingkat signifikansi 0,05. Mean Square untuk pengaruh hidden curriculum terhadap kepemimpinan adalah 91,662 ini menunjukkan bahwa hidden curriculum memiliki pengaruh yang signifikansi terhadap kepemimpinan siswa. Pada F-Signifikance (Sig.) untuk pengaruh hidden curriculum terhadap spiritual adalah 0,001, yang juga menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan pada tingkat signifikansi 0,05. Namun, nilai mean Square-nya lebih kecil 30,224 dibandingkan dengan kepemimpinan, menunjukkan bahwa pengaruh hidden curriculum terhadap kepemimpinan lebih kuat daripada spiritual siswa. %K hidden curriculum, kepemimpinan, spiritual %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib68432