@phdthesis{digilib68433, month = {October}, title = {PROBLEMATIKA PENGAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA MTsN LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 05420004 Habib Prihantoro}, year = {2009}, note = {Pembimbing: Drs. H. Adzfar Ammar, M. A}, keywords = {Pengajaran Bahasa Arab, Pengajaran Membaca, Membaca Teks Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68433/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pengajaran membaca teks bahasa Arab, Problem-problem yang dihadapi guru dalam mengajarkan kemahiran membaca, dan problem yang dihadapi siswa serta upaya apa saja yang dilakukan oleh guru untuk menangani permasalahan yang ada, sehingga tujuan pengajaran kemahiran membaca bahasa Arab dapat tercapai sesuai dengan harapan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di kelas VIII MTsN LAB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, Angket/ kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pelaksanaan pengajaran bahasa Arab bertujuan agar para siswa mampu membaca, memahami makna bacaan dan arti kosa kata, serta siswa mampu menulis Arab. Dalam pengajarannya: Guru terlebih dahulu membacakan teks selanjutnya siswa membaca secara bersama-sama. Kemudian guru menjelaskan bacaan teks tersebut, baik maknanya, kosa katanya dan qawaidnya. Guru lebih menekankan agar siswa mampu membaca dengan lancar. (2) Problem yang dihadapi oleh guru bahasa Arab adalah terkait dengan tingkat heterogenitas pemahaman siswa yang tinggi, minat\& motivasi siswa yang sangat rendah, masih banyak dari para siswa yang belum fasih dalam mengucapkan huruf Arab, minimnya waktu yang tersedia saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, sehingga berimplikasi terhadap kemampuan siswa dalam membaca teks Arab. Sarana dan prasarana penunjang yang terbatas, juga mempengaruhi terhadap kemampuan siswa membaca teks Arab. Sedangkan problem yang dihadapi oleh siswa sendiri adalah kesulitan mengucapkan huruf hijaiyah, kesulitan dalam membaca intonasi bacaan Arab sehingga banyak siswa yang membaca bacaan Arab seperti mengaji, penyajian materi yang terkesan kurang menarik dan metode pengajarannya terkesan monoton. (3) Dan usaha guru dalam menangani permasalahan yang ada adalah dengan mendampngi siswa secara intensif bagi siswa yang belum fasih membaca, mengadakan les tambahan agar materi lebih bisa diperdalam dan optimal dipelajari oleh siswa, menggunakan metode mengajar yang lebih menarik dan inovatif sehingga siswa mudah memahami, menambah buku teks pelajaran dan buku-buku bacaan berbahasa Arab, kamus bahasa Arab.} }