%0 Thesis %9 Skripsi %A Fathin Amalia Zulfa, NIM.: 20104070006 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68435 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Booklet, Keanekaragaman Tumbuhan Angiospermmae, Kebun Raya Gunung Tidar %P 163 %T PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN ANGIOSPERMAE DI KEBUN RAYA GUNUNG TIDAR MAGELANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMA/MA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68435/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman angiospermae di Kebun Raya Gunung Tidar Magelang, mengembangkan booklet keanekaragaman angiospermae di Kebun Raya Gunung Tidar Magelang sebagai media pembelajaran biologi dan mengetahui kualitas booklet keanekaragaman angiospermae di Kebun Raya Gunung Tidar sebagai media pembelajaran biologi. Penelitian ini terdiri dari dua tahap penelitian yaitu penelitian keanekaragaman tumbuhan angiospermae di Kebun Raya Gunung Tidar Magelang dan penelitian pengembangan booklet keanekaragaman tumbuhan angiospermae di Kebun Raya Gunung Tidar Magelang. Penelitian keanekaragaman tumbuhan angiospermae merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan melakukan eksplorasi tumbuhan angiospermae yang terdapat di kawasan Kebun Raya Gunung Tidar Magelang. Penelitian pengembangan termasuk penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terbatas pada tahap Analysis, Design, dan Development. Tumbuhan angiospermae yang ditemukan di kawasan Kebun Raya Gunung Tidar terdiri dari 2 kelas, 25 Famili dan 29 spesies. Booklet dikembangkan menggunakan software Canva. Booklet yang sudah dikembangkan selanjutnya divalidasi menggunakan instrumen penilaian meliputi lembar angket validasi serta lembar tanggapan siswa. analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang selanjutnya diubah menjadi data kuantitatif. Penilaian booklet dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 guru biologi, dan 15 siswa kelas X MIPA MAN 1 Magelang. Hasil penilaian uji validitas produk oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan kevalidan dengan persentase penilaian produk secara berturut-turut diperoleh nilai sebesar 87% dan 96% dengan kategori sangat baik sehigga produk dikatakan layak. Hasil penilaian uji validitas guru biologi dan siswa menunjukkan kevalidan dengan persentase nilai 93% dan 88% yang menunjukkan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian, maka booklet tumbuhan angiospermae di Kebun Raya Gunung Tidar sangat layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran biologi. %Z Pembimbing: Sulistyawati S.Pd., M.Si