eprintid: 68437 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/84/37 datestamp: 2024-11-05 08:54:08 lastmod: 2024-11-05 08:54:08 status_changed: 2024-11-05 08:54:08 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Fikri Haikal Ikhsan, NIM.: 17106090003 title: PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA MTs NUR IMAN MLANGI ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: Modul Fisika, Discovery Learning, Gerak dan Gaya, R&D note: Pembimbing: Drs. Nur Untoro, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul fisika dengan model discovery learning pada materi gerak dan gaya, (2) mengetahui kualitas produk modul fisika dengan model discovery learning pada materi gerak dan gaya menurut ahli materi dan ahli media, (3) mengetahui respon siswa terhadap modul fisika dengan model discovery learning pada materi gerak dan gaya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, yang meliputi 4 tahap yaitu (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Dessiminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi pada tahap develop, yaitu pada uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, penilaian dan angket respon siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar angket respon siswa. Analisis data untuk validasi dianalisis secara deskriptif, penilaian modul dianalisis menggunakan skala likert dengan skala 4, dan angket respon siswa menggunakan skala Guttman dalam bentuk checklist. Hasil dari penelitian ini menghasilkan modul fisika berbasis discovery learning pada materi gerak dan gaya. kualitas modul fisika berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media memiliki kriteria sangat baik (SB) dengan rerata skor 3.38 dan 3.82, sedangkan penilaian guru IPA memiliki kriteria sangat baik (SB) dengan rerata skor 3,67. Sedangkan respon peserta didik pada uji terbatas mendapatkan kriteria setuju (S) terhadap modul Fisika berbasis discovery learning untuk digunakan sebagai sumber belajar mandiri dengan rerata skor 0,81. date: 2024-08-02 date_type: published pages: 129 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fikri Haikal Ikhsan, NIM.: 17106090003 (2024) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA MTs NUR IMAN MLANGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68437/1/17106090003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68437/2/17106090003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf