eprintid: 68440 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/84/40 datestamp: 2024-11-06 01:36:15 lastmod: 2024-11-06 01:36:15 status_changed: 2024-11-06 01:36:15 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Hana Asyifa Husna Al-Haris, NIM.: 20104030052 title: PENERAPAN MEDIA MAZE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI IV KRAKITAN BAYAT KLATEN ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: membaca huruf hijaiyah, media maze, anak-anak note: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M. Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun sebelum menerapkan media maze di TK Pertiwi IV Krakitan Bayat Klaten, 2) mengetahui peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun setelah penerapan media maze di TK Pertiwi IV Krakitan Bayat Klaten. Indikator yang diteliti adalah membaca huruf hijaiyah secara acak dan membedakan huruf hijaiyah yang bentuknya hampir mirip. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 14 anak kelompok B yang terdiri dari 6 perempuan dan 8 laki-laki. Obyek penelitian adalah kemampuan membaca huruf hijaiyah menggunakan media maze. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kemampuan anak-anak dalam kategori baik untuk membaca huruf hijaiyah telah mencapai minimal 86% sebagai indikator keberhasilan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) sebelum menggunakan media maze, anak-anak menunjukkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada pertemuan pra-siklus. Mereka menunjukkan kemampuan pada kriteria baik ada 2 anak (14,29%), tidak ada yang mencapai kriteria cukup baik (0,00%), kriteria kurang baik ada 2 anak (14,29%), dan tidak baik mencapai kriteria sebanyak 10 anak (71,43%). 2) Dengan menggunakan media maze kemampuan membaca huruf hijaiyah anak mampu ditingkatkan. Pada siklus pertama, sebanyak 11 anak yang sudah memenuhi kriteria baik (78,57%), 1 anak yang cukup baik (7,14%), 1 anak pada kriteria kurang baik (7,14%), dan 1 anak pada kriteria tidak baik (7,14%). Pada siklus kedua, 13 anak (92,86%) sudah memenuhi kriteria baik; tidak ada persentase anak dalam kategori cukup baik atau kurang baik, dan hanya 1 anak (7,14%) yang memenuhi kriteria tidak baik. Pada setiap siklus penelitian, kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan kriteria baik meningkat. Pada pra siklus, kemampuan ini meningkat menjadi 14,29%; pada siklus I, meningkat menjadi 78,57%, menunjukkan peningkatan sebesar 64,28%; dan pada siklus II, meningkat menjadi 92,86%, menunjukkan peningkatan sebesar 14,29%. date: 2024-07-01 date_type: published pages: 147 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hana Asyifa Husna Al-Haris, NIM.: 20104030052 (2024) PENERAPAN MEDIA MAZE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI IV KRAKITAN BAYAT KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68440/1/20104030052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68440/2/20104030052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf