<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA"^^ . "Penyebab pembelajaran fisika yang rendah diantaranya diakibatkan oleh metode, model, dan bahan ajar yang kurang bervariasi. Pembelajaran fisika juga jarang mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari menjadi salah satu penyebab kesulitan belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran fisika, salah satunya e-modul berbasis model pembelajaran ICARE terintegrasi permainan Egrang Batok. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik, kelayakan, respon siswa dalam penggunaan e-modul, keterlaksanaan dari e-modul, dan keefektifan e-modul berbasis model pembelajaran ICARE terintegrasi permainan Egrang Batok pada materi usaha dan energi untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, development, dan disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal kemampuan berpikir kritis, lembar penilaian kelayakan e-modul untuk ahli materi, media, guru fisika, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar angket respon siswa menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu validasi V Aiken’s, persamaan simpangan baku ideal (Sbi), Interjudge Aggrement, dan N-Gain.\r\nHasil penelitian adalah telah dikembangkannya e-modul berbasis model pembelajaran ICARE terintegrasi permainan Egrang Batok pada materi usaha dan energi untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa dengan kriteria sangat layak dengan penilai ahli media dan guru fisika, serta kriteria layak dari ahli materi. Dengan skor rerata secara berturut-turut sebesar 52; 59,5; dan 71. Respon siswa pada uji coba terbatas memperoleh kriteria sangat setuju (SS) dengan rerata skor 72,6. Hasil keterlaksanaan e-modul dalam pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan nilai 89 %, selanjutnya respon siswa pada uji coba luas sebesar 72,97 termasuk dalam kategori sangat setuju (SS), serta terdapat perbedaan hasil kemampuan siswa berdasarkan pada nilai N-Gain dari kelas kontrol dan eksperimen dengan masing-masing skor 0,297; dan 0,521 kriteria rendah dan sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan e-modul yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran siswa."^^ . "2024-08-07" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 20104050022"^^ . "Hanik Wal Umaro"^^ . "NIM.: 20104050022 Hanik Wal Umaro"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Text)"^^ . . . . . "20104050022_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #68442 \n\nPENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA\n\n" . "text/html" . . . "371.33 Media Pembelajaran" . .