<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA"^^ . "Mata pelajaran IPAS yang dianggap sulit dan memerlukan banyak hafalan,\r\njika pembelajaran hanya dilakukan dengan ceramah maka siswa akan merasa bosan\r\ndan kurang aktif dalam pembelajaran. Sehingga sebagian besar siswa kurang\r\nmemahami atau mengerti materi yang telah dipelajari. Tingkat pemahaman materi\r\nyang kurang membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu cara yang\r\ndapat diterapkan dalam menciptakan pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa\r\ndan meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV yaitu dengan menggunakan\r\nmodel pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction. Penelitian ini bertujuan\r\nuntuk 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang\r\nmenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction dengan kelas\r\nkontrol dalam pembelajaran IPAS kelas IV MIN 1 Yogyakarta. 2) Mengetahui\r\nseberapa besar efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Complex\r\nInstruction terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV MIN 1 Yogyakarta.\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental\r\ndengan desain Nonequivalent Control Group. Penelitian ini memiliki variabel\r\nbebas dan variabel terikat; variabel bebasnya adalah Model Pembelajaran\r\nKooperatif Tipe Complex Instruction (CI), sedangkan variabel terikatnya adalah\r\nhasil belajar IPAS siswa. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV MIN\r\n1 Yogyakarta, dengan kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan IV B sebagai\r\nkelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan Uji Mann-Whitney dengan\r\nbantuan software IBM SPSS versi 29.0 dan Uji N-gain dengan perhitungan manual\r\ndengan taraf signifikansi 0,05\r\nBerdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Uji\r\nhipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi (2-\r\ntailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara\r\nrata-rata hasil belajar IPAS di kelas eksperimen yang menerapkan model\r\npembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction (CI) dan kelas kontrol yang\r\nmenggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, H0 ditolak dan\r\nHa diterima. 2) Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Complex\r\nInstruction (CI) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik pada materi norma dan\r\nadat istiadat daerahku, berdasarkan uji N-Gain, menunjukkan nilai N-Gain kelas\r\neksperimen sebesar 0,416, yang berada dalam kategori efektivitas N-Gain sedang."^^ . "2024-07-31" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 20104080034"^^ . "Husnul Khotimah"^^ . "NIM.: 20104080034 Husnul Khotimah"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "20104080034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #68450 \n\nEFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \nTIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR \nIPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran" . .