eprintid: 68450 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/84/50 datestamp: 2024-11-06 06:32:10 lastmod: 2024-11-06 06:32:10 status_changed: 2024-11-06 06:32:10 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Husnul Khotimah, NIM.: 20104080034 title: EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Complex Instruction (CI), Hasil Belajar, IPAS note: Pembimbing: Dra Asnafiyah, M.Pd abstract: Mata pelajaran IPAS yang dianggap sulit dan memerlukan banyak hafalan, jika pembelajaran hanya dilakukan dengan ceramah maka siswa akan merasa bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Sehingga sebagian besar siswa kurang memahami atau mengerti materi yang telah dipelajari. Tingkat pemahaman materi yang kurang membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu cara yang dapat diterapkan dalam menciptakan pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction dengan kelas kontrol dalam pembelajaran IPAS kelas IV MIN 1 Yogyakarta. 2) Mengetahui seberapa besar efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV MIN 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group. Penelitian ini memiliki variabel bebas dan variabel terikat; variabel bebasnya adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complex Instruction (CI), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPAS siswa. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV MIN 1 Yogyakarta, dengan kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan IV B sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan Uji Mann-Whitney dengan bantuan software IBM SPSS versi 29.0 dan Uji N-gain dengan perhitungan manual dengan taraf signifikansi 0,05 Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar IPAS di kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction (CI) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction (CI) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik pada materi norma dan adat istiadat daerahku, berdasarkan uji N-Gain, menunjukkan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,416, yang berada dalam kategori efektivitas N-Gain sedang. date: 2024-07-31 date_type: published pages: 144 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Husnul Khotimah, NIM.: 20104080034 (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68450/1/20104080034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68450/2/20104080034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf