%0 Thesis %9 Skripsi %A Laela Sani Nur Inayah, NIM.: 20104020026 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68459 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K efektivitas, pembelajaran bahasa Arab, skor IKLA %P 133 %T FA’ALIYYAH TA’ALLAM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LI AL HUSUL ‘ALA DARAJAT IKHTIBAR KAFA’AH AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH FI MARKAZ TATWIR AL LUGHAT BI JAMI’AH SUNAN KALIJAGA AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH YOGYAKARTA AL ‘AM AL DIRASI 2023/2024 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68459/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dan efektivitas pembelajaran bahasa Arab pada kegiatan pelatihan IKLA terhadap perolehan skor IKLA di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembelajaran ini dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5 ke atas pada bulan September – November tahun akademik 2023/2024. Adapun jumlah mahasiswa yang mengikuti pembelajaran bahasa Arab ini sebanyak 101 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian adalah mahasiswa semester 5 ke atas UIN Sunan Kalijaga tahun akademik 2023/2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran bahasa Arab ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester 5 ke atas tahun akademik 2023/2024 merupakan program yang pertama kali dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan 2 gelombang. Program ini menghasilkan sebanyak 86% mahasiswa yang memperoleh skor posttest lebih tinggi daripada skor pretest dengan rincian sebanyak 45,5 % mahasiswa dapat lulus tes dengan perolehan skor lebih dari skor standar 400. (2) Nilai koefisien korelasi sebesar 0,353, dari hasil ini menunjukkan bahwa kekuatan hubungan antara pembelajaran bahasa Arab dan perolehan skor IKLA tergolong cukup. Selain itu nilai R Square menunjukkan angka 0,125, dapat disimpulkan bahwa persentase hubungan variable bebas dan variabel terikat sebesar 12,5%. Adapun besaran efektivitas program yaitu sebesar 73,58 % yang menunjukkan bahwa program pembelajaran bahasa Arab dikategorikan cukup efektif terhadap perolehan skor IKLA yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain penguasaan materi pelajaran, intensitas kehadiran dan frekuensi latihan. %Z Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.l., M.S.I