TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hibana, S.Ag., M. Ag. ID - digilib68461 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68461/ A1 - Laila Salsabiila, NIM.: 19104030011 Y1 - 2024/07/30/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi dua dari duabelas peserta didik kelompok B TK Tulus Siwi yang belum berkembang kreativitasnya, yang dipengaruhi oleh lingkungan di sekitar lembaga pendidikan yang kurang mendukung kegiatan-kegiatan yang mengasah kreativitas. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat memengaruhi perkembangan kreativitas peserta didik contohnya anak menjadi kurang percaya diri, kurangnya inisiatif dan imajinatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengembangan kreativitas anak kelompok B TK Tulus Siwi dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan pengembangan kreativitas. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kreativitas pada kelompok B TK Tulus Siwi yang dilakukan oleh guru, diawal 10 peserta didik sudah berkembang dua peserta didik masih kurang berkembang, kemudian dilakukan kegiatan pengembangan dengan mengembangkan strategi pengembangan yaitu kerajinan tangan, imajinasi, eksplorasi, eksperimen, proyek, musik, dan bahasa. Peran guru yang memotivasi, membersamai, memfasilitasi, dan memantik menunjukkan hasil akhir bahwa 12 anak sudah berkembang sesuai dengan usianya. Faktor pendukung pengembangan kreativitas yaitu peran guru yang kreatif menciptakan media pembelajaran dan kerja sama orangtua dengan pendidik. Faktor penghambat pengembangan kretaivitas yaitu media pembelajaran yang kurang lengkap dan faktor internal dari anak. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Anak Usia Dini KW - Pengembangan Kreativitas M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B TK TULUS SIWI DESA WONOTULUS PURWOREJO JAWA TENGAH AV - restricted EP - 200 ER -