@phdthesis{digilib68462, month = {May}, title = {LITERASI DIGITAL GURU PADA KELOMPOK KERJA GURU (KKG) KELAS 4 DI KECAMATAN TEMPEL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104080089 Laylatul Masruroh}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.}, keywords = {Literasi Digital, Kelompok Kerja Guru (KKG)}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68462/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi kegiatan pelatihan literasi digital yang dilakukan KKG Kelas 4 Kecamatan Tempel untuk meningkatkan keterampilan digital guru kelas 4 Kecamtan Tempel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan gaya penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tema penelitian ini adalah Ketua KKG Kelas 4 di Kecamatan Tempel, Pengurus dan anggota KKG Kelas 4 di Kecamatan Tempel. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka pelatihan literasi digital antara lain: Latihan pengenalan media digital, pendistribusian konten digital, latihan download, pembuatan konten digital dan latihan berbagi konten digital dengan menggunakan aplikasi digital seperti Google Classroom, aplikasi Google Meet, Zoom Meeting, WhatsApp sebagai media proses belajar mengajar YouTube. Temuan menunjukkan bahwa program literasi digital memiliki tingkat keberhasilan sebesar 80\%, namun belum 100\% berhasil karena 20\% guru tergolong memiliki kemampuan IT yang rendah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan literasi digital KKG dapat meningkatkan literasi digital. Keterampilan digital guru dalam mengembangkan pembelajaran menuju sistem digital sebagai media pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan.} }