%0 Thesis %9 Skripsi %A M. Sobir Kubbaro, NIM.: 22204021017 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68467 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Lagu POP. %P 179 %T PENGEMBANGAN MEDIA LAGU POP VIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTsN 2 MATARAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68467/ %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Salah satu penyebabnya adalah guru masih mengajar secara konvensional menggunakan LKS dan tidak menggunakan media yang bervariasi, sehingga peserta didik ketika pembelajaran berlangsung cenderung bosan dan tidak fokus pada pembelajaran. Pembelajaran yang membosankan akan menghambat siswa dalam mengembangakan potensinya. Maka dari itu, demi menciptakan pendidikan yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan potensinya, peneliti berusaha menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya dengan menghadirkan media pembelajaran yang menarik dan efisien. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Mengembangkan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Lagu POP, 2) Mengetahui Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Lagu POP Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII di MTsN 2 Mataram.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran bahasa Arab ini, peneliti menggunakan penelitian pre-experimental design yang didesain menggunakan one group design pre-nontest and post-nontest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Mataram. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian uji analisis data menggunakan uji Paired Sample t-Test, dengan bantuan SPSS 23. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk berupa video pembelajaran bahasa Arab berbasis lagu POP, yang berjudul Komang, Satu-Satu, dan "الساعة 2 وأعمل اليوميات" ) hasil analisis produk yang telah dikembangkan berawal dari hasil uji kelayakan para ahli media dan materi. Hasil persentase rata-rata dari ahli materi sebesar 91,5% termasuk pada kategori “sangat layak” dan dari ahli media sebesar 97% dengan kategori “sangat layak”. Kemudian, respons guru terhadap media pembelajaran bahasa Arab berbasis lagu POP yang dikembangkan “sangat positif” dengan nilai rata-rata respons guru sebesar 4,57. Hasil uji Paired T-test pada penelitian ini sebesar 0,000 yang berarti signifikan pengaruhnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab berbasis lagu POP efektif dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab pada siswa. %Z Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd.