%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Mawar Lanna Oktavia, NIM.: 18106090005
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2024
%F digilib:68472
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K LKPD, PhET Simulation, STEM, keterampilan berpikir kreatif
%P 229
%T PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM BERBANTUAN  PHET SIMULATIONS UNTUK MENINGKATKAN  KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA  MATERI LISTRIK STATIS DAN DINAMIS
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68472/
%X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi  model pengembangan (Research & Development) 4D. Tahapan penelitian ini yaitu  define untuk mendefinisikan kebutuhan penelitian, design merupakan perancangan  perangkat pembelajaran, develop merupakan tahap pengembangan produk, dan  disseminate merupakan tahap penyebarluasan produk. Subjek penelitian ini adalah  kelas X TKR SMK Al Munawwir tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian  yang digunakan yaitu angket kebutuhan peserta didik, angket keterampilan berpikir  kreatif peserta didik, lembar validasi produk, angket respon peserta didik, pretest  dan Posttest. Teknik analisis data terdiri dari analisis kualitatif dan analisis  kuantitatif. Analisis kuantitatif berupa saran dari ahli, praktisi dan respon peserta  didik; dan analisis kuantitatif yang terdiri dari analisis angket kebutuhan peserta  didik menggunakan skala Guttman, analisis angket keterampilan berpikir kreatif  menggunakan likert skala 4, analisis lembar validasi produk dan respon peserta  didik menggunakan likert skala 5, analisis soal pretest dan Posttest menggunakan  validitas konstruksi serta analisis peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta  didik menggunakan standard gain.  Hasil penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis STEM berbantuan PhET  Simulations yang layak digunakan, ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator  ahli dan praktisi serta keefektifan nya dalam meningkatkan keterampilan berpikir  kreatif peserta didik. Hasil validasi ahli materi, media dan praktisi diperoleh nilai  rata-rata 3,68; 4,13; dan 4,50 dengan persentase kelayakan ahli materi, media dan  praktisi yaitu 74%; 83%; dan 90%. Respon peserta didik pada uji terbatas dan uji  luas mendapatkan skor rata-rata 3,82 dan 4,10 dengan persentase kelayakan 76%  dan 82%. LKPD yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir  kreatif peserta didik dengan hasil Standard Gain sebesar 0,55 dengan kategori  Sedang.
%Z Pembimbing: Puspa Rohmi, M.Pd