eprintid: 68472
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 13169
dir: disk0/00/06/84/72
datestamp: 2024-11-08 01:19:18
lastmod: 2024-11-08 01:19:18
status_changed: 2024-11-08 01:19:18
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id
creators_name: Mawar Lanna Oktavia, NIM.: 18106090005
title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM BERBANTUAN
PHET SIMULATIONS UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA
MATERI LISTRIK STATIS DAN DINAMIS
ispublished: pub
subjects: 371.36
divisions: pr_pendidikan_fisika_s1
full_text_status: restricted
keywords: LKPD, PhET Simulation, STEM, keterampilan berpikir kreatif
note: Pembimbing: Puspa Rohmi, M.Pd
abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi
model pengembangan (Research & Development) 4D. Tahapan penelitian ini yaitu
define untuk mendefinisikan kebutuhan penelitian, design merupakan perancangan
perangkat pembelajaran, develop merupakan tahap pengembangan produk, dan
disseminate merupakan tahap penyebarluasan produk. Subjek penelitian ini adalah
kelas X TKR SMK Al Munawwir tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu angket kebutuhan peserta didik, angket keterampilan berpikir
kreatif peserta didik, lembar validasi produk, angket respon peserta didik, pretest
dan Posttest. Teknik analisis data terdiri dari analisis kualitatif dan analisis
kuantitatif. Analisis kuantitatif berupa saran dari ahli, praktisi dan respon peserta
didik; dan analisis kuantitatif yang terdiri dari analisis angket kebutuhan peserta
didik menggunakan skala Guttman, analisis angket keterampilan berpikir kreatif
menggunakan likert skala 4, analisis lembar validasi produk dan respon peserta
didik menggunakan likert skala 5, analisis soal pretest dan Posttest menggunakan
validitas konstruksi serta analisis peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta
didik menggunakan standard gain.
Hasil penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis STEM berbantuan PhET
Simulations yang layak digunakan, ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator
ahli dan praktisi serta keefektifan nya dalam meningkatkan keterampilan berpikir
kreatif peserta didik. Hasil validasi ahli materi, media dan praktisi diperoleh nilai
rata-rata 3,68; 4,13; dan 4,50 dengan persentase kelayakan ahli materi, media dan
praktisi yaitu 74%; 83%; dan 90%. Respon peserta didik pada uji terbatas dan uji
luas mendapatkan skor rata-rata 3,82 dan 4,10 dengan persentase kelayakan 76%
dan 82%. LKPD yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir
kreatif peserta didik dengan hasil Standard Gain sebesar 0,55 dengan kategori
Sedang.
date: 2024-07-30
date_type: published
pages: 229
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Mawar Lanna Oktavia, NIM.: 18106090005  (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM BERBANTUAN PHET SIMULATIONS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI LISTRIK STATIS DAN DINAMIS.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68472/1/18106090005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68472/2/18106090005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf