%0 Thesis %9 Skripsi %A Mohammad Aizzatu Zakarya, NIM.: 20104010019 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68479 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K efektivitas, hasil belajar, kooperatif, Two Stay Two Stray. %P 126 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MANBA’UL ULUM, GEBOG, KUDUS TAHUN 2023/2024 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68479/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat peserta didik dalam pembelajaran Fikih yang disebabkan model pembelajaranm yang masih berpusat pada guru sehingga menyebabkan hasil belajar yang diperoleh rendah. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang seberapa besar keefektifan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dalam hasil belajar Fikih. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan jenis desain penelitian quasi eksperimental nonequivalent control group. Subjek penelitian yang digunakan ialah peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 30 orang VIII A, dan 22 orang VIII B. Adapun pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan pretest-posttest. Teknik Analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji statistik inferensial non-parametrik, dan uji N-Gain untuk menghitung besar efektivitas. Adapun instrumen soal diuji dengan uji validitas menggunakan uji korelasi poin biserial dan uji reliabilitas menggunakan uji Cronbach Alpha. Hasil penelitian ini menunjukan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray efektif terhadap hasil belajar Fikih peserta didik kelas VIII MTs Manba’ul Ulum. Hasil uji Wilcoxon yang digunakan menunjukkan Asymp. Sig. pada kelas eksperimen 0.000. Sedangkan pada kelas kontrol 0.68 (Asymp. Sig. (2-tailed) < 0.05). Adapun terkait besar keefektifanya dihitung dengan uji N-Gain mendapatkan hasil 0.5939 yang berdasarkan tabel termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis pada penelitian ini diterima. %Z Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag. M.Si.