eprintid: 68488 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/84/88 datestamp: 2024-11-08 08:13:24 lastmod: 2024-11-08 08:13:24 status_changed: 2024-11-08 08:13:24 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Husni Mubarok, NIM.: 20104010010 title: ELABORASI METODE DISKUSI DI LEMBAGA PENDIDIKAN KLASIK PONDOK PESANTREN: STRUKTUR, PROSEDUR DAN HASIL ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Metode Diskusi, Struktur, Prosedur, Hasil, Pondok Pesantren note: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag. abstract: Metode merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar dan mengajar untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran, karena dengan menggunakan metode pembelajaran dapat belajar dengan efektif. Salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran Fikih yaitu metode diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan struktur, prosedur, hasil dan solusi atas hambatan Metode Diskusi di Lembaga Pendidikan Klasik Pondok Pesantren. Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang meliputi pengurus madrasah bidang kurikulum, ketua Lembaga Semi Otonom (LSO) At-Tihami dan 10 santri dari masing-masing jenjang kelas. Metode pengumpulan data penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dua modus, yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data terdiri dari tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Struktur metode diskusi di Madrasah Diniyyah Salafiyyah IV yaitu terdiri dari petugas musyawarah (rais, musharrif, katib, dan shohibul masalah), perumus, musyawirin, serta mushahhih. 2) Prosedur Pelaksanaan metode diskusi meliputi pembacaan teks, pembahasan masalah, dan pengabsahan hasil. 3) Hasil Pelaksanaan metode diskusi mencakup peningkatan pemahaman materi Fikih, penguasaan membaca kitab kuning, berpikir kritis, terampil dalam komunikasi, bekerja sama, pengaruh positif terhadap motivasi belajar, peningkatan kemandirian belajar, pembentukan karakter dan etika diskusi yang baik serta menghasilkan dokumentasi yang dipublikasikan. 4) Solusi adanya faktor penghambat pelaksanaan metode diskusi yakni dengan mengoptimalisasi sistem program madrasah, meningkatkan koordinasi dan keterlibatan ustadz pendamping, pengawasan yang lebih ketat, memotivasi santri, mempersiapkan materi musyawarah yang lebih matang dan sistematis, serta penerapan sistem delegasi yang efektif untuk memastikan partisipasi merata dari setiap kelas. date: 2024-07-23 date_type: published pages: 166 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Husni Mubarok, NIM.: 20104010010 (2024) ELABORASI METODE DISKUSI DI LEMBAGA PENDIDIKAN KLASIK PONDOK PESANTREN: STRUKTUR, PROSEDUR DAN HASIL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68488/1/20104010010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68488/2/20104010010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf