%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhammad Jundi Alghifari, NIM.: 20104020050 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68489 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pemilihan kosakata, problematika kosakata, buku ajar, Rusydi Ahmad Thu’aimah. %P 127 %T TAHLIL IKHTIBAR AL MUFRADAT FI AL KITAB AL MUDARISI LI AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LI AL SAF AL SABI’ ‘INDA MA’AYIR RUSHDI AHMAD TU’AIMAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68489/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika umum yang terjadi pada pembelajaran kosakata di sekolahan dan untuk mengetahui pemilihan kosakata di dalam buku ajar “Ayo Memahami Bahasa Arab” untuk MTs Kelas VII karya Hasan Saefuloh berdasarkan kriteria dalam penelitian kosakata yang dibuat oleh Rusydi Ahmad Thu’aimah. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab adanya problematika dalam pembelajaran bahasa Arab, diantaranya: 1. Faktor linguistik, terdiri dari ashwat ‘arabiyyah, kosakata/mufradat, qawa’id, tarakib, tulisan, dan semantik. 2. Faktor non-linguistik, terdiri dari peserta didik/siswa (Motivasi belajar, latar belakang pendidikan, penyalahgunaan handphone, sulit dalam menghafal, rendahnya kemampuan membaca, dan faktor psikologi), guru, metode dan media pembelajaran, sarana dan prasarana, lingkungan dan waktu. 2) Dalam analisis kosakata pada buku ajar bahasa Arab, terdapat 18 kosakata umum dan 4 kosakata kontekstual yang belum memenuhi kriteria Rusydi Ahmad Thu’aimah. Dari semua itu maka terdapat 8,87% kosa kata yang belum memenuhi kriteria Rusydi Ahmad Thu’aimah dari jumlah total keseluruhan kosakata yang ada pada buku ini yang berjumlah 248 kosakata. %Z Pembimbing: Nurul Huda,, S.S., M.Pd.I