eprintid: 68490
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 13169
dir: disk0/00/06/84/90
datestamp: 2024-11-08 08:36:52
lastmod: 2024-11-08 08:36:52
status_changed: 2024-11-08 08:36:52
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id
creators_name: Muhammad Nurul Arifin, NIM.: 18104010100
title: HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM
DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 1 KALASAN
KABUPATEN SLEMAN 2024
ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: Kegiatan Kerohanian Islam, Keterampilan Sosial Siswa
note: Pembimbing: Drs. H. Nur Munajat, M.Si. dan Bapak Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.
abstract: Masa remaja awal merupakan awal dari keinginan mencari jati diri dan peran
pengelompokan, dimana siswa remaja mulai memikirkan siapa mereka sebagai individu, serta
bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain dalam kelompok sosial. Hal ini merupakan
wujud dari hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Bahkan urgensi pengasahan keterampilan
sosial menjadi salah tujuan pembelajaran di sekolah. Sebagai negara yang memiliki mayoritas
penduduk beragama Islam, negara Indonesia menerapkan pendidikan agama Islam sebagai
pendidikan yang dipercaya dapat menuntun seseorang menjadi lebih baik dalam menjalani
kehidupan. Tidak hanya dalam pembelajaran formal, pendidikan Islam juga hadir dalam
organisasi tambahan di sekolah bernama Rohani Islam. Pilihan ekstrakurikuler yang merupakan
lingkungan tetap siswa selama disekolah akan menjadi pembeda siswa satu dengan siswa
lainnya juga menjadi faktor sekolah pembentuk keterampilan sosial siswa. Siswa yang
berpartisipasi dalam suatu ekstrakurikuler atau organisasi pasti akan berbeda dari siswa lain
karena nilai yang diajarkan di dalamnya. Perubahan karakter, gaya berbicara, dan perilaku
dapat berdampak positif maupun negatif tergantung organisasi yang diikutinya.
Penelitian ini untuk melihat apakah kegiatan dalam kerohanian Islam memiliki
hubungan dengan keterampilan sosial siswa SMP N 1 Kalasan. Penelitian ini dilakukan pada 30
siswa-siswi kelas VII dan VIII yang aktif dalam kegiatan Kerohanian Islam di SMP Negeri 1
Kalasan dengan menyebarkan skala kegiatan kerohanian Islam dan skala keterampilan sosial
siswa yang telah tervalidasi oleh ahli, validitas isi dan memiliki reliabilitas dengan perolehan
data yang normal dan linier. Data yang diperoleh akan dideskripsikan untuk melihat seberapa
tinggi keterampilan sosial dan kegiatan rohani siswa-siswa anggota kerohanian islam SMP N 1
Kalasan Sleman. Kemudian data akan menunjukkan hubungan antar variabel.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa (a) keterampilan sosial siswa SMP Negeri 1
Kalasan Kabupaten Sleman berada dalam kategori sedang sebanyak 19 siswa (b) kegiatan
kerohanian Islam siswa di SMP Negeri 1 Kalasan Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori
sedang sebanyak 21 siswa. (c) ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kegiatan
kerohanian Islam dengan keterampilan sosial siswa SMP Negeri 1 Kalasan Sleman (rxy= 0,820,
p (two tailed) = 0,000 < 0,01).
date: 2024-08-05
date_type: published
pages: 145
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Muhammad Nurul Arifin, NIM.: 18104010100  (2024) HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 1 KALASAN KABUPATEN SLEMAN 2024.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68490/1/18104010100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68490/2/18104010100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf