relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68494/ title: EVALUASI PEMBELAJARAN MODEL EKOP PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS AL-IMAM POJOK creator: Muhammad Thoriq Rohman, NIM.: 17104090080 subject: 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran description: Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Pendidik dan peserta didik melakukan proses interaktif selama proses pembelajaran berlangsung. Namun dengan adanya pandemi covid-19 pembelajaran tersebut diubah menjadi pembelajaran dengan sistem jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di MTs Al-Imam Pojok. Peneliti berfokus pada kualitas dan output pembelajaran di MTs Al-Imam selama masa pandemi covid-19 karena pembelajaran dari rumah merupakan gaya belajar baru karena adanya keadaan yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka pada saat itu. Peneliti menggunakan evaluasi model EKOP (Evaluasi, Kualitas, dan Output Pembelajaran) yang dikembangkan oleh Prof. Dr. S. Eko Putro Widyoko, M. Pd. Evaluasi ini meliputi kualitas yang berisi tentang kinerja tenaga pendidik meliputi kualitas dan kuantitas, fasilitas pembelajaran. Output pembelajaran yang berisi tentang kecakapan akademik, kecakapan personal, kecakapan sosial. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik purosive sampling sebagai teknik dalam proses pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dalam proses analisis data, peneliti menggunakan tahap transcript, coding, grouping, comparing and contrasting. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dari beberapa indikator yang digunakan peneliti ada satu poin yang belum terpenuhi dengan baik yaitu dari fasilitas pembelajaran karena masih ada beberapa media pembelajaran yang kurang seperti Lab IPA, Lab. Bahasa dll. namun, kurangnya beberapa fasilitas tersebut tidak mempengaruhi output pembelajaran di MTs Al-Imam. Hal ini dibuktikan dengan tiga indikator yang digunakan peneliti, ketiganya dapat terpenuhi sesuai dengan yang diharapkan. Peneliti mengambil data tersebut dari hasil raport siswa yang masih stabil meskipun dengan model pembelajaran yang baru. Dengan hasil ini, proses pembelajaran di MTs Al-Imam Pojok berjalan dengan baik. date: 2024-07-02 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68494/1/17104090080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68494/2/17104090080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Muhammad Thoriq Rohman, NIM.: 17104090080 (2024) EVALUASI PEMBELAJARAN MODEL EKOP PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS AL-IMAM POJOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.