@phdthesis{digilib68497, month = {July}, title = {EFEKTIVITAS MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI MTSN 4 GUNUNGKIDUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104090055 Mutifah Angghreini}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Irwanto, M.Pd.}, keywords = {Manajemen, Program, Sekolah Ramah Anak}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68497/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini berawal dari minat peneliti terhadap pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan yang ramah untuk anak di sekolah. MTsN 4 Gunungkidul merupakan salah satu madrasah yang sudah menerapkan program sekolah ramah anak untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, bersih, sehat, peduli, berbudaya lingkungan serta melindungi anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan tidak pantas lainnya. Namun dalam menjalankan seluruh proses manajemen belum dilakukan secara efektif, walaupun dalam pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik karena kurangnya pelatihan dan pemahaman yang mendalam di antara para guru dan staf tentang sekolah ramah anak sehingga terjadi inkonsistensi dalam penerapannya Hal tersebut menyebabkan perlu diadakannya proses manajemen yang sistematis guna melihat seberapa jauh proses manajemen yang sudah dilaksanakan. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program sekolah ramah anak di MTsN 4 Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan manajemen program sekolah yang ramah bagi anak. Data primer diperoleh dari seperangkat informan yang terlibat langsung dengan variabel penelitian, seperti Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru, Orang Tua Siswa, dan Siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data didasarkan pada teori Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui metode triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian di MTsN 4 Gunungkidul, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, perencanaan program sekolah yang ramah dengan anak baru mencapai tahap pembentukan tim, namun belum ada sosialisasi kepada seluruh anggota madrasah. Kedua, pengorganisasian program dilakukan secara terstruktur dengan pembentukan panitia dan penugasan yang jelas. Ketiga, pelaksanaan program telah berjalan dengan baik, melibatkan hubungan yang baik antara sekolah dan masyarakat serta orang tua, dan siswa aktif dalam berbagai kegiatan sekolah. Keempat, evaluasi program belum dilakukan secara resmi, tetapi ada upaya evaluasi berkelanjutan untuk mendukung program tersebut.} }