%0 Thesis %9 Masters %A Nelva Ade Tinofa, NIM.: 22204081022 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68500 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Discovery Learning, Kemandirian Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Sekolah Dasar %P 180 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI BATURETNO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68500/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-experimental design dalam bentuk nonequivalent pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V-A yang berjumlah 24 dan V-B yang berjumlah 21 siswa di SD Negeri Baturetno di kota Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui angket untuk kemandirian belajar dan tes soal uraian untuk kemampuan berpikir kritis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji simultan untuk mengukur pengaruh metode discovery learning terhadap kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, metode discovery learning memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemandirian belajar, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, dan t hitung sebesar 12,840 > t tabel 2,016. Kedua, Metode discovery learning juga memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 12,840 > t tabel 2,016. Berdasarkan hasil uji F yang dilakukan, nilai signifikansi (sig) yang di peroleh adalah sebesar 0,001 dan dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran discovery learning terhadap kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Baturetno. Peserta didik yang belajar dengan metode discovery learning menunjukkan peningkatan kemandirian yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang belajar dengan metode konvensional. %Z Pembimbing: Dr. Shaleh, S.Ag., M.Pd.