TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M. Ag. ID - digilib68503 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68503/ A1 - Novita Hidayanti, NIM.: 22204011065 Y1 - 2024/07/23/ N2 - Buku ajar Akidah Akhlak Madrasah Aliyah sebagai sumber informasi dan sumber belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, khususnya pada muatan pendidikan moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan memahami lebih lanjut muatan materi pendidikan moderasi beragama dalam buku ajar Akidah Akhlak jenjang Madrasah Aliyah. 2) mengetahui kesesuaian muatan materi pendidikan moderasi beragama dalama buku ajar Akidah Akhlak jenjang Madrasah Aliyah dengan buku konsep moderasi beragama terbitan kementerian agama. Jenis penelitian yaitu penelitian kepustakaan (library research), dengan pendekatan filosofis. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer buku ajar Akidah Akhlak Madrasah Aliyah (MA) Kelas X, XI dan XII dan buku Moderasi Beragama terbitan Kemenang. Sedangkan data sekundernya ialah buku dan jurnal artikel lain yang sesuai dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu mengumpulkan literatur sesuai tema penelitian, mengelompokan dan menguraikan data. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Muatan materi pendidikan moderasi beragama pada buku ajar Akidah Akhlak jenjang Madrasah Aliyah diketahui secara langsung maupun tidak langsung mengandung nilai moderasi beragama dalam setiap bab. Adapun nilai moderasi beragama yang termuat yaitu; tawasut (jalan tengah), toleransi, Musawah atau egaliter (persamaan), qudwah (kepeloporan), la ?unf (anti kekerasan), I?tiraf al-?urf (menghormati budaya) dan memuat klasifikasi materi fakta, konsep, prinsip, prosedur dan nilai, namun untuk klasifikasi prosedur masih sedikit ditemukan. 2) Kesesuaian muatan materi pendidikan moderasi beragama dalam buku ajar Akidah Akhlak jenjang Madrasah Aliyah dengan buku moderasi beragama terbitan Kementerian Agama RI yaitu sesuai, walaupun tidak semua kalimat memiliki kata yang serupa tetapi memiliki makna yang sama. Hanya terdapat dua materi yang rentan menimbulkan paham intoleran dan radikal yaitu pada kelas X bab VII tentang materi radikalisme dan pada kelas XI bab II tentang kekerasan dalam doktrin ajaran aliran tertentu. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Moderasi Beragama KW - Buku Ajar KW - Akidah Akhlak M1 - masters TI - ANALISIS MATERI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA PADA BUKU AJAR AKIDAH AKHLAK JENJANG MADRASAH ALIYAH AV - restricted EP - 204 ER -