eprintid: 68503 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/85/03 datestamp: 2024-11-11 05:22:02 lastmod: 2024-11-11 05:22:02 status_changed: 2024-11-11 05:22:02 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Novita Hidayanti, NIM.: 22204011065 title: ANALISIS MATERI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA PADA BUKU AJAR AKIDAH AKHLAK JENJANG MADRASAH ALIYAH ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: pend_ag full_text_status: restricted keywords: Moderasi Beragama, Buku Ajar, Akidah Akhlak note: Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M. Ag. abstract: Buku ajar Akidah Akhlak Madrasah Aliyah sebagai sumber informasi dan sumber belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, khususnya pada muatan pendidikan moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan memahami lebih lanjut muatan materi pendidikan moderasi beragama dalam buku ajar Akidah Akhlak jenjang Madrasah Aliyah. 2) mengetahui kesesuaian muatan materi pendidikan moderasi beragama dalama buku ajar Akidah Akhlak jenjang Madrasah Aliyah dengan buku konsep moderasi beragama terbitan kementerian agama. Jenis penelitian yaitu penelitian kepustakaan (library research), dengan pendekatan filosofis. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer buku ajar Akidah Akhlak Madrasah Aliyah (MA) Kelas X, XI dan XII dan buku Moderasi Beragama terbitan Kemenang. Sedangkan data sekundernya ialah buku dan jurnal artikel lain yang sesuai dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu mengumpulkan literatur sesuai tema penelitian, mengelompokan dan menguraikan data. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Muatan materi pendidikan moderasi beragama pada buku ajar Akidah Akhlak jenjang Madrasah Aliyah diketahui secara langsung maupun tidak langsung mengandung nilai moderasi beragama dalam setiap bab. Adapun nilai moderasi beragama yang termuat yaitu; tawasut (jalan tengah), toleransi, Musawah atau egaliter (persamaan), qudwah (kepeloporan), la ‘unf (anti kekerasan), I’tiraf al-‘urf (menghormati budaya) dan memuat klasifikasi materi fakta, konsep, prinsip, prosedur dan nilai, namun untuk klasifikasi prosedur masih sedikit ditemukan. 2) Kesesuaian muatan materi pendidikan moderasi beragama dalam buku ajar Akidah Akhlak jenjang Madrasah Aliyah dengan buku moderasi beragama terbitan Kementerian Agama RI yaitu sesuai, walaupun tidak semua kalimat memiliki kata yang serupa tetapi memiliki makna yang sama. Hanya terdapat dua materi yang rentan menimbulkan paham intoleran dan radikal yaitu pada kelas X bab VII tentang materi radikalisme dan pada kelas XI bab II tentang kekerasan dalam doktrin ajaran aliran tertentu. date: 2024-07-23 date_type: published pages: 204 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Novita Hidayanti, NIM.: 22204011065 (2024) ANALISIS MATERI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA PADA BUKU AJAR AKIDAH AKHLAK JENJANG MADRASAH ALIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68503/1/22204011065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68503/2/22204011065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf