eprintid: 68505 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/85/05 datestamp: 2024-11-11 06:35:59 lastmod: 2024-11-11 06:35:59 status_changed: 2024-11-11 06:35:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Aida, NIM.: 20104010099 title: IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMA KOLOMBO SLEMAN ispublished: pub subjects: 375.006 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Perencanaan Pembelajaran, Kurikulum Merdeka note: Pembimbing: Dr. Mohammad Agung Rokhimawan, M.Pd. abstract: Kurikulum merdeka secara resmi diperkenalkan pada februari tahun 2022 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran mencakup tiga aspek yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada perencanaan pembelajaran, karena perencanaan yang baik akan memberikan kontribusi terhadap keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum Merdeka, perencanaan pembelajaran dan upaya guru dalam penyusunan perencaan pembelajaran kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil latar di SMA Kolombo Sleman. Subjek penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, waka kurikulum dan guru PAI. Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan adalah dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Kolombo Sleman dengan pilihan mandiri berubah dimulai pada tahun ajaran 2023/2024 dan baru diterapkan pada peserta didik kelas X. Salah satu aspek yang diterapkan adalah pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. (2) Perencanaan pembelajaran yang disusun sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen oleh kemendikbudistek yakni dengan memahami capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran yang mencakup kompetensi dan materi, menyusun alur tujuan pembelajaran dari awal hingga akhir fase, menyusun modul ajar serta menyusun program tahunan dan program semester. (3) Upaya guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran yaitu dengan mengikuti pelatihan kurikulum merdeka, mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), memanfaatkan internet dan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) date: 2024-06-20 date_type: published pages: 187 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Aida, NIM.: 20104010099 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMA KOLOMBO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68505/1/20104010099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68505/2/20104010099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf