eprintid: 68506 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/85/06 datestamp: 2024-11-11 06:56:17 lastmod: 2024-11-11 06:56:17 status_changed: 2024-11-11 06:56:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Aisyah Jamil, NIM.: 17104090067 title: ANALISIS HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS BELAJAR TERHADAP KARAKTER SISWA di MA UNGGULAN AL-IMDAD, PAJANGAN, BANTUL ispublished: pub subjects: 371.2. divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Pengelolaan Kelas, Kelas Belajar, Karakter note: Pembimbing: Muhamad Iskhak, M.Pd. abstract: Objek penelitian ini ialah MA Unggulan Al-Imdad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan atau manajemen kelas yang berlangsung di skolah tersbut. Selain itu penelitian ini bertujuan mencari tahu apakah terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas dengan penanaman nilai-nilai karakter terhadap siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi data, kemudian keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan metode manajemen atau pengelolaan kelas, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan. Dalam proses pengelolaan kelas guru memiliki peran penting, ini karena guru berperan sebagai kapten bagi kelas yang menentukan arah berkembangnya siswa dalam suatu kelas. Dapat dilihat dari bagaimana metode guru mengatur kelas dan juga bagaimana metode penyampaian materi yang digunakan, secara tidak langsung hal ini berperan menjadi penunjuk arah bagi guru selama proses mencapai target pendidikan. Target Pendidikan tidak hanya berupa hasil akademik, pembentukan karakter juga merupakan target pendidikan seperti yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, maka guru dengan caranya sendiri menerapkan nilai-nilai karakter selama kegiatan pembelajaran yang secara alami membentuk karekter siswa melalui pengelolaan kelas tersebut. date: 2024-08-22 date_type: published pages: 128 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Aisyah Jamil, NIM.: 17104090067 (2024) ANALISIS HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS BELAJAR TERHADAP KARAKTER SISWA di MA UNGGULAN AL-IMDAD, PAJANGAN, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68506/1/17104090067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68506/2/17104090067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf