%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurul Assyfa Qulbiati, NIM.: 20104020042 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68511 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Faktor, Kesulitan, Menulis Arab, Bahasa Arab, TPQ An-Nur %P 113 %T TAHLIL 'AWAMIL AL SU'UBAT FI AL KITABAH AL 'ARABIYYAH LADA TALLABAH AL SAF AL THALITH FI MARHALAH AL IBTIDAIYYAH BI RAUDAH AL TARBIYYAH AL QUR'ANIYYAH "AN NUR" KEBUMEN JAWA AL WUSTA LIL 'AM AL DIRASI 2023/2024 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68511/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan dalam menulis Arab pada siswa kelas 3 tingkat dasar di Taman Pendidikan Al-Qur’an “An-Nur” Kebumen, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan yang dihadapi siswa tingkat dasar dalam menulis Arab serta mengetahui metode guru dalam mengatasinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 3 tingkat dasar di Taman Pendidikan Al-Qur’an ‘An-Nur” yang berjumlah 15 dan guru yang mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an “An-Nur” Kebumen, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kesulitan dalam menulis Arab pada siswa kelas 3 tingkat dasar di Taman Pendidikan Al-Qur’an “An-Nur” Kebumen, Jawa Tengah adalah faktor linguistik dan faktor non-linguistik. Adapun faktor linguistiknya adalah: 1) kesulitan dalam kaidah menulis Bahasa Arab yang dimulai dari kanan ke kiri. 2) kesulitan dalam membedakan bentuk huruf yang berbeda dalam peletakkannya di sebuah kalimat : di awal, di tengah, dan di akhir kalimat. 3) kesulitan dalam penulisan huruf yang dipisah dan disambung. 4) kesulitan dalam meletakkan titik huruf Arab. Adapun faktor non-linguistik terbagi menjadi dua faktor internal dan faktor eksternal. Faktor non-linguistik internal adalah: 1) latar pendidikan siswa. 2) kurangnya minat siswa. 3) keraguan dalam dirinya. 4) lambat menulis karena tidak adanya koordinasi motorik. 5) kurangnya berlatih menulis. Faktor non-linguistik eksternal adalah: 1) guru. 2) sarana. 3) media pembelajaran. 4) lingkungan. Cara guru megatasi kesulitan dalam menulis Arab pada siswa kelas 3 tingkat dasar adalah mengenalkan huruf-huruf Hijaiyyah beserta kaidah-kaidahnya, memberikan motivasi dan menasehati untuk selalu mengikuti pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa maju satu persatu untuk menganalisis kaidah dari setiap huruf Hijaiyyah yang terdapat pada sebuah kalimat, memberikan cerita-cerita nabi agar siswa lebih termotivasi dan dapat mengambil hikmah-hikmah dari cerita nabi tersebut, ada kerjasama dari 3 unsur: 1) santrinya harus semangat dan rajin 2) orang tuanya harus mendukung serta mengajari kembali materi yang telah diajarkan di TPQ 3) gurunya harus disiplin dan istiqomah tidak sering libur, menjadi guru yang sabar dan selalu melatih siswa untuk menulis kalimat Arab di setiap kegiatan pembelajaran. %Z Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.l., M.Pdl.