%0 Thesis %9 Skripsi %A Raden Eka Hafizhaenusa Rachmat, NIM.: 17106000038 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68513 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, Eksponen dan Logaritma %P 226 %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68513/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurangan bahan ajar yang digunakan untuk belajar dan kemampuan penalaran siswa yang masih rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi eksponen dan logaritma untuk memfasilitasi kemampuan penalaran dan kemandirian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengikuti langkah-langkah Richey dan Klein yang terdiri dari Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi eksponen dan logaritma dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli materi dan media nilai rata-rata skor aktual yaitu 64 dan 47 dengan kategori “sangat valid”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi eksponen dan logaritma untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis dan kemandirian siswa layak diuji cobakan kepada peserta didik. %Z Pembimbing: Nurul Arfinanti, S. Pd. Si., M. Pd.,