eprintid: 68513
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 13169
dir: disk0/00/06/85/13
datestamp: 2024-11-11 08:45:24
lastmod: 2024-11-11 08:45:24
status_changed: 2024-11-11 08:45:24
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id
creators_name: Raden Eka Hafizhaenusa Rachmat, NIM.: 17106000038
title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN SISWA
ispublished: pub
subjects: 371.33
divisions: pr_pendidikan_matematika_s1
full_text_status: restricted
keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, Eksponen dan Logaritma
note: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S. Pd. Si., M. Pd.,
abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurangan bahan ajar yang digunakan untuk belajar dan kemampuan penalaran siswa yang masih rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi eksponen dan logaritma untuk memfasilitasi kemampuan penalaran dan kemandirian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengikuti langkah-langkah Richey dan Klein yang terdiri dari Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar penilaian produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi eksponen dan logaritma dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli materi dan media nilai rata-rata skor aktual yaitu 64 dan 47 dengan kategori “sangat valid”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi eksponen dan logaritma untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis dan kemandirian siswa layak diuji cobakan kepada peserta didik.
date: 2024-07-26
date_type: published
pages: 226
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Raden Eka Hafizhaenusa Rachmat, NIM.: 17106000038  (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN SISWA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68513/1/17106000038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68513/2/17106000038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf