@phdthesis{digilib68514, month = {August}, title = {IMPLEMENTASI JURNAL PAGI UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR DI TK ?AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) MUSHOLLA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104030052 Renda Mayangda Putri Maya Sari}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dra. Nadlifah, M. Pd.}, keywords = {Implementasi Jurnal Pagi, Anak Usia Dini, Kesiapan Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68514/}, abstract = {Tingkat fokus dan konsentrasi anak ketika melakukan pembelajaran di kelas bergantung pada kesiapan belajar anak. Dengan dilakukannya kegiatan jurnal pagi di sekolah, dapat membantu anak dalam berkonsentrasi dan fokus saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi jurnal pagi pada anak usia dini beserta faktor pendukung dan penghambat implementasi jurnal pagi pada anak usia dini di TK ABA Musholla Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan September 2023-Juli 2024 dan lokasi penelitian berada di TK ABA Musholla Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa yang mengikuti kegiatan jurnal pagi di TK ABA Musholla Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi jurnal pagi melalui tiga tahapan. Pertama tahap perencanaan, guru merencanakan tema dan menyiapkan tempat sekaligus mempersiapkan anak. Kedua tahap pelaksanaan, anak berdo?a lalu membaca ikrar TK dan menyanyi gerak lagu. Ketiga tahap evaluasi, yaitu pendidik saling memberikan masukan perihal pencapaian anak dan dilakukan setelah belajar mengajar di sekolah selesai untuk meninjau perkembangan anak di sekolah. Faktor pendukung implementasi jurnal pagi yaitu keadaan lingkungan belajar di rumah, semangat para pendidik, antusias dari peserta didik, dan waktu kegiatan jurnal pagi yang konsisten. Sedangkan faktor penghambat berupa kurangnya kedisiplinan serta motivasi dari orang tua, dan keadaan cuaca ketika jurnal pagi berlangsung.} }