%0 Thesis %9 Skripsi %A Roro Dwi Haryati, NIM.: 19104030025 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68516 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Dampak Positif dan Negatif, Penggunaan gawai, Perkembangan Sosial dan Emosional Anak. %P 200 %T DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK KKLKMD AMONG PUTRO BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68516/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketegantungan anak terhadap gawai ditandai dengan penggunaan gawai yang dijadikan syarat belajar agar anak mau belajar. yang tentunya bisa menimbulkan dampak buruk bagi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan gawai terhadap perkembangan sosial dan emosional pada TK KKLKMD Among Putro Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di TK KKLKMD Among Putro Bantul selama bulan november hingga desember 2023. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gawai di TK KKLKMD Among Putro Bantul Yogyakarta memiliki berbagai implikasi yang signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Dampak positif meliputi kemudahan komunikasi dan penyampaian informasi melalui dokumentasi kegiatan, peningkatan imajinasi dan rasa keingintahuan anak, serta pemanfaatan gawai sebagai sarana belajar yang menarik dan interaktif. Dampak negatifnya mencakup kemalasan belajar, ketidakpekaan terhadap lingkungan sekitar, gangguan kesehatan seperti mata perih dan merah, masalah emosional seperti tantrum jika waktu bermain gawai habis, dan ketergantungan terhadap gawai sebagai prasyarat untuk belajar. %Z Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd