<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG"^^ . "Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu pendekatan yang\r\ndisarankan dalam Kuikulum Merdeka untuk memfasilitasi keberagaman siswa.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran\r\nberdiferensiasi di kelas IV MIN 1 Temanggung dan menganalisis efektivitas\r\npembelajaran berdiferensiasi dalam mengembangkan kemampuan kognitif siswa\r\nkelas IV di MIN 1 Temanggung.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed - method) dengan\r\ndesain explanatory sequential design. Tahap awal dilakukan menggunakan\r\npendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara,\r\nobservasi, dan menganalisis perangkat pembelajaran. Tahap kedua dilakukan dengan\r\npendekatan kuantitatif menggunakan metode tes dan dokumentasi. Data kualitatif\r\ndianalisis dengan uji kredibilitas triangulasi, sedangkan data kuantitaif berupa tes\r\nawal dan tes sumatif dianalisis dengan analisis efektivitas dan analisis uji T (paired\r\nsimple T-Test)\r\nImplementasi pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas IV di MIN 1\r\nTemanggung dilaksanakan pada kelas penjurusan yaitu kelas Bahasa Arab, kelas\r\nBahasa Inggris, kelas sains dan kelas matematika. Setiap kelas penjurusan\r\nmenerapkan empat unsur diferensiasi yakni diferensiasi proses, diferensiasi konten,\r\ndiferensiasi produk dan diferensiasi lingkungan belajar. Pembelajaran diferensiasi\r\ndisesuaikan dengan karakteristik, kesiapan, minat dan gaya belajar para siswa.\r\nPembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan\r\nkognitif pada siswa kelas IV di MIN 1 Temanggung. Hasil uji efektivitas\r\nkemampuan kognitif siswa yang diukur dengan membandingkan perolehan nilai\r\nasesmen awal dan nilai Asesmen Sumatif Tengah Semester Genap mencapai\r\n88,39%. Selanjutnya, hasil uji-t dari keempat kelas menunjukkan terdapat perbedaan\r\nyang signifikan pada (t-hitung = 2,052 > t-tabel dengan df = 27)perkembangan\r\nkemampuan kognitif siswa setelah diimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi.\r\nHal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi sangat efektif dalam\r\nmengembangkan kemampuan kognitif pada siswa."^^ . "2024-07-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 22204085017"^^ . "Roso Murti"^^ . "NIM.: 22204085017 Roso Murti"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG (Text)"^^ . . . . . "22204085017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG (Text)"^^ . . . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF\r\nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV\r\nMIN 1 TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #68517 \n\nPEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI \nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF \nSEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV \nMIN 1 TEMANGGUNG\n\n" . "text/html" . . . "371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran" . .