%A NIM.: 22204085017 Roso Murti %O Pembimbing: Dr. Siti Fatonah, S. Pd., M. Pd %T PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS IV MIN 1 TEMANGGUNG %X Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu pendekatan yang disarankan dalam Kuikulum Merdeka untuk memfasilitasi keberagaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV MIN 1 Temanggung dan menganalisis efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam mengembangkan kemampuan kognitif siswa kelas IV di MIN 1 Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed - method) dengan desain explanatory sequential design. Tahap awal dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan menganalisis perangkat pembelajaran. Tahap kedua dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode tes dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan uji kredibilitas triangulasi, sedangkan data kuantitaif berupa tes awal dan tes sumatif dianalisis dengan analisis efektivitas dan analisis uji T (paired simple T-Test) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas IV di MIN 1 Temanggung dilaksanakan pada kelas penjurusan yaitu kelas Bahasa Arab, kelas Bahasa Inggris, kelas sains dan kelas matematika. Setiap kelas penjurusan menerapkan empat unsur diferensiasi yakni diferensiasi proses, diferensiasi konten, diferensiasi produk dan diferensiasi lingkungan belajar. Pembelajaran diferensiasi disesuaikan dengan karakteristik, kesiapan, minat dan gaya belajar para siswa. Pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada siswa kelas IV di MIN 1 Temanggung. Hasil uji efektivitas kemampuan kognitif siswa yang diukur dengan membandingkan perolehan nilai asesmen awal dan nilai Asesmen Sumatif Tengah Semester Genap mencapai 88,39%. Selanjutnya, hasil uji-t dari keempat kelas menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada (t-hitung = 2,052 > t-tabel dengan df = 27)perkembangan kemampuan kognitif siswa setelah diimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi sangat efektif dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada siswa. %K Efektivitas, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Kognitif %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib68517