TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Mulin Nu?man, S.Pd., M.Pd. ID - digilib68518 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68518/ A1 - Safina Putri Diana, NIM.: 20104040022 Y1 - 2024/07/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning dengan menggunakan integrasi ilmu fikih yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap pengembangan pada penelitian ini meliputi tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap implementasi (implement) dan tahap evaluasi (evaluate). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian LKPD, lembar angket respon peserta didik, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar post-test kemampuan koneksi matematis, lembar skala kemandirian belajar peserta didik. Subjek uji coba produk untuk penilaian LKPD ini terdiri dari tiga ahli dan subjek implimentasi dalam pembelajaran adalah peserta didik dan pendidik kelas VIII B dan VIII C di MTs Aswaja dukun tahun ajaran 2023/2024. LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata 79 dengan persentase 89,9% dan memperoleh kriteria sangat baik. Respon peserta didik terhadap LKPD yang digunakan pada saat pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 38,97 dengan persentase keidealan sebesar 81% dan memperoleh kriteria sangat baik sehingga dinyatakan praktis. Berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKPD, diperoleh kategori keterlaksanaan yang sangat baik dengan persentase keidealannya atau rata-rata sebesar 94,16% dan aktivitas peserta didik dengan persentase keidealannya sebesar 92,5%. Hasil uji statistik dengan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai post-test kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana rata-rata nilai post-test kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen adalah 70,10 sedangkan rata-rata kelas kontrol yang sebesar 43,12 sehingga dinyatakan efektif. Rata-rata nilai kemandirian belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 49,20 sedangkan rata-rata nilai kemandirian belajar peserta didik kelas kelas kontrol yang nilainya sebesar 43,73 sehingga dinyatakan efektif. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) KW - Problem Based Learning KW - Ilmu Fikih KW - Kemampuan Koneksi Matematis. Kemandirian Belajar M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ILMU FIKIH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK AV - restricted EP - 350 ER -