TY - THES N1 - Pembimbing: Fina Hanifa Hidayati, M.Pd ID - digilib68519 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68519/ A1 - Shafa Ridha Sari Atsmara, NIM.: 17106000001 Y1 - 2024/08/20/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah PPE (Planning, Production, Evaluation). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Problem Solving yang valid pada materi bangun ruang sisi lengkung SMP kelas IX untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini meliputi instrumen validasi produk dan lembar validasi instrumen. Subjek penelitian yaitu dua ahli materi dan dua ahli media yang masing-masing satu dosen pendidikan matematika dan satu guru mata pelajaran matematika. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh bahwa validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Problem Solving pada materi bangun ruang sisi lengkung SMP kelas IX untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis diperoleh rata-rata skor aktual 128,5. Dengan hasil tersebut, maka LKPD dinyatakan valid berdasarkan kriteria ketercapaian kevalidan yang sudah ditentukan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) KW - Problem Solving KW - Kemampuan Komunikasi Matematika KW - Bangun Ruang Sisi Lengkung. M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SMP KELAS IX UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS AV - restricted EP - 196 ER -