eprintid: 68537 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/85/37 datestamp: 2024-11-12 06:31:50 lastmod: 2024-11-12 06:31:50 status_changed: 2024-11-12 06:31:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Ngarofah, NIM.: 17104020026 title: PENGEMBANGAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV MI DARUL FALAH SALAMKANCI TAHUN AJARAN 2022/2023 ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Quizizz, Media Pembelajaran, Fasilitas Sekolah, Pengembangan 3D note: Pembimbing: Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I., abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media yang digunakan guru dalam penyampaian materi bahasa Arab, penggunaan fasilitas sekolah seperti laptop dan projector yang belum dimanfaatkan secara maksimal dalam pembelajaran, dan rendahnya nilai hasil belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan quizizz sebagai media pembelajaran bahasa Arab Kelas IV MI Darul Falah Salamkanci tahun ajaran 2022/2023, (2) mengetahui kualitas quizizz sebagai media pembelajaran bahasa Arab Kelas IV MI Darul Falah Salamkanci tahun ajaran 2022/2023 berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 3D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan). Subjek penelitian ini meliputi satu ahli media, satu ahli materi, dan dua puluh enam siswa kelas IV MI Darul Falah Salamkanci. Objek penelitian ini berupa aplikasi pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk menilai kualitas aplikasi meliputi angket penilaian ahli media, ahli materi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini berupa (1) pengembangan quizizz sebagai media pembelajaran bahasa Arab kelas IV MI Darul Falah Salamkanci, (2) kualitas quizizz sebagai media pembelajaran bahasa Arab kelas IV MI Darul Falah termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan 89,3% berdasarkan penilaian ahli media, dan persentase keidealan 86% berdasarkan penilaian ahli materi, serta hasil respon siswa dari 26 siswa dengan persentase keidealan sebesar 92%. date: 2024-07-24 date_type: published pages: 143 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Ngarofah, NIM.: 17104020026 (2024) PENGEMBANGAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV MI DARUL FALAH SALAMKANCI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68537/1/17104020026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68537/2/17104020026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf