<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA"^^ . "Tesis dengan judul “PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM\r\nIMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs. NEGERI\r\nPIYUNGAN”, ini dilatarbelakangi oleh otonomi daerah yang merambat pada\r\notonomi pendidikan dan lebih spesifik lagi pada otonomi sekolah. Otonomi\r\nsekolah memungkinkan peran kepala sekolah dan partisipasi warga sekolah lebih\r\nbesar dalam menentukan kebijakan-kebijakan sekolah. MTs Negeri Piyungan\r\nadalah salah satu madarasah yang berusaha untuk mengimplementasikan\r\nManajemen Berbasis Sekolah (MBS), padahal ada istilah tersendiri untuk\r\nmanajemen di madrasah, yakni Manajemen Berbasis Madrasah (MBM). Setelah\r\nsekitar setahun kebijakan ini diambil, terjadi gempa bumi yang merusak sebagian\r\ngedung sekolah sehingga proses pendidikan terganggu. Di samping itu,\r\npemahaman SDM (stakeholder) yang ada tentang MBS sangat minim. Meskipun\r\ndemikian, kepela madrasah tetap bertekad untuk menerapkan MBS di MTs Negeri\r\nPiyungan. Hal-hal itulah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian\r\ntentang bagaimana sebenarnya Kepala MTs Negeri Piyungan menjalankan peranperannya\r\ndalam implementasi MBS.\r\nTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan\r\nperan kepala sekolah dalam implementasi MBS di Madrasah Tsanawiyah\r\nNegeri Piyungan Yogyakarta. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk\r\nmengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung\r\npelaksanaan MBS di Madrasah Tsanawiyah Negeri Piyungan Yogyakarta.\r\nOleh karena itu hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai\r\npengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan tentang peran kepala\r\nsekolah dan tentang implementasi MBS, sebagai masukan bagi praktisi\r\npendidikan pada umumnya, dan secara khusus bagi para kepala sekolah untuk\r\nmenjalankan peran dan fungsinya dalam implementasi MBS.\r\nPenelitian kualitatif ini mengkaji fenomena-fenomena di lapangan (di\r\nMTs. Negeri Piyungan). Metode-metode untuk melakukan riset ini adalah metode\r\ndokumentasi, metode in depth interview (wawancara mendalam), dan metode\r\nobservasi partisipan. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah\r\nkepala sekolah, wakil kepala sekolah, bagian tata usaha, perpustakaan, dewan\r\nguru dan komite sekolah. Analisis data dilakukan secara berkesinambungan\r\ndengan berlandaskan pada teori Miles dan Huberman, yakni pengumpulan data,\r\nreduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pembahasan terhadap hasil\r\nanalisis data dilakukan secara deskribtif kualitatif.\r\nBerdasarkan proses penelitian yang penulis lakukan, implementasi MBS di\r\nMTs. Negeri Piyungan dapat dikategorikan masih dalam periode jangka pendek\r\nPada tahap ini kepala sekolah mengajak seluruh staf dan komite sekolah untuk\r\nmerumuskan visi dan misi madrasah dan bertanggung jawab terhadap kemajuan\r\nmadarasah secara bersama-sama. Namun demikian kepala madrasah tidak tegas\r\ndalam mensosialisasikan implementasi MBS sehingga banyak stakeholder\r\nmadrasah yang tidak memahami MBS secara detail.\r\nAda beberapa peran yang dijalankan oleh kepala sekolah yakni sebagai\r\nmanajer, leader, fasilitator, mediator educator dan administrator. Dari peran peran tersebut kepala MTs Negeri Piyungan lebih intensif pada kegiatan\r\nmanajerial. Sebagai manajer kepala sekolah melakukan kegiatan-kegiatan\r\nperencanaan, koordinasi, pengarahan dan kontrol serta evaluasi.\r\nFaktor-faktor yang menjadi penghambat dalam implementasi MBS di\r\nMTs. Negeri Piyungan antara lain kurangnya sosialisasi, SDM yang ada kurang\r\nmemahami MBS, pelaksanaan administrasi keuangan tidak transparan dan\r\npartisipasi masyarakat atau wali murid dalam pelaksanaan pendidikan masih\r\nminim.\r\nAdapun faktor-faktor pendukung implementasi MBS adalah\r\nwewenang/otonomi yang lebih besar dari pemerintah kepada madrasah, sosialisasi\r\npeningkatan mutu pendidikan dari pemerintah, bantuan anggaran pendidikan baik\r\ndari pemerintah maupun masyarakat (wali murid), kemauan warga sekolah untuk\r\nmaju bersama-sama, dan partisipasi komite sekolah yang semakin aktif."^^ . "2008-05-05" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 06.233.661"^^ . "Gatot Kuncoro"^^ . "NIM. 06.233.661 Gatot Kuncoro"^^ . . . . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "BAB I DAN V.pdf"^^ . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #6855 \n\nPERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs NEGERI PIYUNGAN YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .