@phdthesis{digilib68553, month = {August}, title = {EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH MERUJUK PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104040024 Syifa Zazira?zain}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si.}, keywords = {CIPP, Evaluasi, Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Komunikasi Matematis}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68553/}, abstract = {Di Abad ke-21, pembelajaran matematika dituntut harus menekankan pada keterampilan 4C dan kemampuan literasi yang baik. Salah satu upaya yang dilakukan agar warga negara menjadi literat adalah melaksanakan gerakan literasi sekolah (GLS). Salah satu tujuan GLS pada tahap pembelajaran adalah mengelola kemampuan komunikasi secara kreatif. Berdasarkan tujuan tersebut, GLS diharapkan dapat mewadahi kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program GLS merujuk pada kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 66 siswa dan tiga orang tim literasi.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi, angket perspektif siswa terhadap GLS, dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Validasi instrumen dilakukan menggunakan analisis validitas oleh expert judgment. Reliabilitas instrumen angket dan tes menggunakan Cronbach Alpha yang masing-masing diperoleh skor 0,741 dan 0,606. Adapun teknik analisis data kualitatif meliputi kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Selanjutnya, analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif untuk mengkategorikan ketercapaian tujuan GLS dan kategori kemampuan komunikasi matematis siswa, serta analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh GLS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) Evaluasi pada aspek context menunjukkan bahwa GLS relevan dengan kebutuhan sekolah. Evaluasi pada aspek input menunjukkan bahwa sekolah memiliki kesiapan SDM dan sarana prasarana. Evaluasi pada aspek process menunjukkan bahwa kegiatan GLS telah dilaksanakan sesuai tujuan dan GLS telah diintegrasikan dalam pembelajaran matematika. Tantangan dalam pelaksanaan GLS dapat diatasi oleh pihak sekolah. Evaluasi pada aspek product menunjukkan bahwa siswa telah membuat karya-karya bertemakan literasi. Ketercapaian tujuan program GLS pada tahap pembelajaran memperoleh skor rata-rata 47,80 yang masuk kategori sedang. Kemudian kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong pada kategori sedang dengan skor rata-rata 42,04. (2) Hasil kemampuan komunikasi matematis pada setiap indikatornya masuk ke dalam kategori sedang. (3) Program GLS berpengaruh positif secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kontribusi sebesar 10,2\%.} }