TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Dr. Subiyantoro, M. Ag ID - digilib68564 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68564/ A1 - Alfi Ramadhani, NIM.: 20204091014 Y1 - 2024/08/22/ N2 - Manajemen keuangan sekolah merupakan satu dari beberapa komponen yang memiliki andil besar dalam menjamin mutu pendidikan. Hal ini sudah nyata karena setiap aktifitas pendidikan memerlukan dana. Dengan kata lain, jika dana yang dimiliki tidak dikelola dengan baik, maka seberapa banyaknya pun dana maka tidak akan tepat guna. Sehingga penelitian yang berlokasi di Madrasah Aliyah Mafaza ini ditujukan untuk 1) Mendeskripsikan proses manajemen keuangan di Madrasah Aliyah Mafaza Bantul, 2) Mendeskripsikan pengaplikasian prinsip-prinsip dalam manajemen keuangan di Madrasah Aliyah Bantul, dan 3) Menganalisi hubungan manajemen keuangan dengan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Mafaza Bantul. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan studi dokumen. Langkah-langkah data analisis yang dilakukan yaitu membaca transkrip secara menyeluruh, mengkompilasikan dari umum ke khusus, mengelompokkan berdasarkan urutan, dan kemudian mengkategorikannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keberhasilan manajemen keuangan di Madrasah Aliyah Mafaza bergantung pada keterlibatan aktif seluruh pihak, termasuk kepala sekolah, komite sekolah, guru, staf administrasi, dan orang tua siswa. Kepala sekolah bertanggung jawab dalam pengelolaan anggaran, sementara komite sekolah terlibat dalam keputusan strategis dan evaluasi keuangan. Guru dan staf administrasi memastikan penggunaan anggaran sesuai kebutuhan operasional, dan orang tua mendukung melalui kontribusi serta partisipasi. Sinergi dan komunikasi efektif antara semua pihak ini diperlukan untuk alokasi sumber daya yang tepat dan pencapaian tujuan pendidikan. Untuk memastikan keberhasilan tersebut, penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan seperti transparansi, akuntabilitas, efektivitas, efisiensi, dan keadilan sangat krusial. Transparansi memungkinkan pemantauan transaksi keuangan secara jelas, akuntabilitas memastikan setiap pihak bertanggung jawab atas pengelolaan anggaran, efektivitas berfokus pada pencapaian hasil yang diinginkan, efisiensi memaksimalkan penggunaan sumber daya, dan keadilan memastikan distribusi sumber daya dilakukan secara adil. Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip ini dalam manajemen keuangan, sinergi di antara semua pihak dapat terjaga, yang pada akhirnya mendukung pengelolaan keuangan yang sehat dan peningkatan mutu pendidikan yang dilihat berdasarkan indikator di TQM PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Manajemen Keuangan KW - Prinsip Manajemen Keuangan KW - Total Quality Management. M1 - masters TI - Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Mafaza Bantul AV - restricted EP - 263 ER -