%0 Thesis %9 Skripsi %A Ervy Marfiatussa’adah, NIM.: 17104090085 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68572 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Kepuasan Siswa. %P 126 %T PENGARUH PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MASA PANDEMI TERHADAP KEPUASAN SISWA DI MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68572/ %X Pandemi COVID-19 menyebabkan guru harus mengelola pembelajaran dengan cara efisien dan efektif karena pemerintah memberlakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan sistem tatap muka terbatas. Oleh kareina itu, pembielajaran tatap muka terbatas memerlukan pengelolan yang bagus dengan melakukan penataan yang intensif dan kesiapan guru dalam merancang strategi pembelajaran. Pengelolaan adalah metode atau proses menjalankan suatu aktivitas dengan melibatkan tenaga kerja dan proses yang mendukung kebijakan serta tujuan organisasi. Cara pengelolaan pembelajaran tatap muka terbatas dapat memengaruhi kepuasan siswa. Kepusan merupakan sikap yang diperlihatkan siswa, atas harapan dalam proses pembelajaran dengan kenyataan yang mereka terima. Apabila pengelolaan pembelajaran tatap muka terbatas yang diperoleh siswa sesuai harapan, maka mereka akan puas begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah pengelolaan pembelajaran tatap muka terbatas berpengaruh terhadap kepuasan siswa di MAN 3 Bantul, serta seberapa besar pengaruh pengelolaan pembelajaran tatap muka terbatas (X) terhadap tingkat kepuasan (Y). Populasi pada penelitian ini sebanyak 102 siswa jurusan Bahasa di MAN 3 Bantul. Sampel yang didapatkan dengan berdasarkan rumus slovin sebanyak 80% dari tingkat populasi yaitu sebanyak 82 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan dikombinasikan menggunakan metodologi probability sampling. Pengelolaan pembelajaran tatap muka terbatas (X) merupakan adalah variabel independen, sedangkan kepuasan siswa (Y) merupakan variabel dependen. Untuk mengumpulkan informasi digunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Package For Social Sciences) versi 24. Hasil dari pengaruh pengelolaan pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi sebesar 73.6% yang berarti bahwa pengelolaan pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi berada pada kategori cukup baik, sedangkan kepuasan siswa dalam pelaksanaan pengelolaan pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi sebesar 51% yang berarti bahwa kepuasan siswa setelah pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi berada pada kategori cukup puas. Kemudian hasil Nilai determinasi (R2) adalah sebesar 0.777 yang berarti bahwa pengaruh pengelolaan pembelajaran tatap muka terbatas terhadap kepuasan siswa sebesar 77.7%. %Z Pembimbing: Dr. Ir. Sumarsono, S.T., M.Kom.