eprintid: 68574
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 13169
dir: disk0/00/06/85/74
datestamp: 2024-11-13 06:16:16
lastmod: 2024-11-13 06:16:16
status_changed: 2024-11-13 06:16:16
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id
creators_name: Achmad Aulinsya Rival Anam, NIM.: 17104020094
title: BUKU METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONVENSIONAL HINGGA ERA DIGITAL KARYA AHMALI DAN AULIA MUSTIKA ILMIANI
ispublished: pub
subjects: 371.36
divisions: jur_pba
full_text_status: restricted
keywords: Metodologi Pembelajaran, Bahasa Arab, Pembelajaran Konvensional dan Digital
note: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan
abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran bahasa Arab di kalangan masyarakat Muslim dan perkembangan metode pembelajaran dari konvensional hingga era digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan metodologi yang disajikan dalam buku tersebut, serta relevansinya dalam konteks pembelajaran modern yang semakin digital.
Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari buku utama sebagai data primer dan berbagai literatur tambahan sebagai data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui telaah dokumen, dan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis), yang bertujuan untuk menggali makna dan relevansi dari metode yang dibahas dalam buku.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode konvensional yang dibahas dalam buku ini, seperti metode gramatika-terjemah dan metode membaca, memiliki dasar yang kuat dalam mengajarkan tata bahasa dan pemahaman teks. Metode ini sangat efektif dalam membangun fondasi teoritis yang diperlukan untuk memahami struktur bahasa Arab secara mendalam. Namun, kelemahannya terletak pada kurangnya fokus terhadap pengembangan keterampilan komunikasi lisan, yang penting dalam penggunaan bahasa secara praktis. Siswa yang hanya mengandalkan metode ini cenderung memiliki kemampuan berbicara dan mendengarkan yang kurang berkembang. Di sisi lain, metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital menawarkan berbagai keunggulan yang relevan dengan kebutuhan pendidikan modern. Penggunaan teknologi, seperti e-learning dan aplikasi pembelajaran berbasis internet, memberikan fleksibilitas yang memungkinkan siswa belajar kapan saja dan di mana saja, dengan akses yang lebih luas terhadap berbagai sumber daya. Metode ini juga memungkinkan interaksi yang lebih dinamis dan interaktif melalui media seperti video, audio, dan simulasi, yang dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Namun, penerapan metode digital ini juga memiliki tantangan tersendiri. Dibutuhkan infrastruktur teknologi yang memadai serta keterampilan digital dari siswa dan guru untuk memanfaatkan potensi metode ini secara optimal. Selain itu, ada risiko bahwa ketergantungan pada teknologi dapat mengurangi interaksi langsung antara guru dan siswa, yang masih merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran.
date: 2024-07-22
date_type: published
pages: 96
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Achmad Aulinsya Rival Anam, NIM.: 17104020094  (2024) BUKU METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONVENSIONAL HINGGA ERA DIGITAL KARYA AHMALI DAN AULIA MUSTIKA ILMIANI.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68574/1/17104020094_BAB%20I-TERAKHIR.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68574/2/17104020094_II-SEBELUM%20TERAKHIR.pdf