eprintid: 68575 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/85/75 datestamp: 2024-11-13 06:20:52 lastmod: 2024-11-13 06:20:52 status_changed: 2024-11-13 06:20:52 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Rika Rohmawati, NIM.: 17104090069 title: STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LEMBAGA SERTA MINAT MAHASISWA BARU (STUDI KASUS PRODI MPI UIN SUNAN KALIJAGA) ispublished: pub subjects: 371.2. divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Kualitas Lembaga, Minat , Strategi Pemasaran. note: Pembimbing: Drs. Subiyantoro, abstract: Penelitian ini dilakukan berdasarkan ketertarikan peneliti terhadap pemasaran lembaga pendidikan program studi dalam meningkatkan kualitas lembaga serta kemampuannya menarik minat mahasiswa baru. Pemasaran serta peningkatan serta peningkatan kualitas lembaga pendidikan merupakan salah satu aktifitas yang harus dilakukan untuk membuat rasa ketertarikan kepada calon mahasiswa baru. Lembaga pendidikan dalam memasarkan produknya tentu perlu memerhatikan eksistensi dan menjaga kualitas mutunya. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan mengenai strategi pemasaran dan implementasi bauran pemasaran lembaga pendidikan, bentuk peningkatan kualitas lembaga serta faktor yang memengaruhi minat. Prodi MPI merupakan salah satu program studi yang dalam pemasaran dan peningkatan kualitasnya sudah memiliki program internasional. Terbukti dengan adanya program kolaborasi riset internasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Milles Dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, data penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.) Prodi MPI dalam pemasarannya menerapkan bauran pemasaran (marketing mix). 2.) Pada upaya peningkatan kualitas terbukti dengan a.) legalitas akreditasinya sudah akreditasi unggul. b.) SDM yang sudah terkualifikasi dibuktikan dengan banyaknya dosen dengan latar belakang pendidikan linear. c.) adanya pelatihan guna meningkatkan kemampuan kepenulisan ilmiah. d.) menjadi rintisan kelas internasional serta kolabrasi internasional. f.) adanya dukungan serta pemberian reward kepada tenaga pendidik dan mahasiswanya yang berprestasi. 3.) Pada evaluasi pemasaran dalam peningkatan kualitas melakukan evaluasi setiap akhir semester (evaluasi akademik, evaluasi kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, evaluasi sarana dan prasarana) 4.) Faktor yang mendukung peningkatan kualitas untuk menarik minat calon mahasiswa baru yaitu dukungan prodi MPI sebagai lembaga negeri, menjadi satu-satunya prodi dengan akreditasi unggul internasional, prodi dengan sebutan driver management yaitu keaktifan dosen dan mahasiswanya pada asosiasi-asosiasi dan organisasi. date: 2024-08-22 date_type: published pages: 203 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rika Rohmawati, NIM.: 17104090069 (2024) STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LEMBAGA SERTA MINAT MAHASISWA BARU (STUDI KASUS PRODI MPI UIN SUNAN KALIJAGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68575/1/17104090069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68575/2/17104090069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf