eprintid: 6860 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/68/60 datestamp: 2013-02-12 18:04:31 lastmod: 2015-04-14 02:55:57 status_changed: 2013-02-12 18:04:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sumiyati, NIM. 09261019 title: ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSI DAN IMPLEMENTASINYA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) RUMAH CITTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: pps_pgra full_text_status: restricted keywords: Kurikulum, Pendidikan Inklusi, Implementasi, ABK. note: Pembimbing : M. Agus Nuryatno, M. A., Ph. D. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum inklusi dan implementasinya pada proses pembelajaran, di Taman Kanak-kanak (TK) Rumah Citta Yogyakarta. Penelitian tentang pendidikan inklusi sudah banyak ditulis, akan tetapi penelitian tentang kurikulum inklusi pada pendidikan pra sekolah, sampai dengan saat ini belum penulis temukan. Penulis berharap karya ini akan menjadi pelopor bagi penelitian tentang pendidikan inklusi di lembaga pra sekolah selanjutnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan pengembangan kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengamatan partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas, baik berupa bukubuku, artikel ilmiah, jurnal, dan lain-lain yang sudah pernah ditulis yang penulis teliti dari segi yang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kurikulum pendidikan inklusi di TK Rumah Citta dibuat oleh tim pembuat kurikulum TK Rumah Citta, kurikulum dibuat dengan muatan-muatan nilai adil gender, inklusivitas, multikultur, berpusat pada anak dan memperhatikan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kurikulum yang digunakan memodifikasi kurikulum reguler, menganut model kurikulum inklusi yang dikemukakan oleh NS.Vijaya KN 2) Implementasi kurikulum pendidikan inklusi di TK Rumah Citta, telah dilaksanakan dengan mengutamakan kebutuhan anak, berpusat pada anak, dengan penanaman nilai adil gender dan pendidikan multikultural, tidak terkecuali bagi ABK. 3) Kurikulum yang telah diramu dan dilaksanakan oleh TK Rumah Citta, telah dapat dirasakan manfaatnya oleh peserta didik maupun orangtua. Tersedianya tenaga pendidik yang terlatih dan mencukupi, dan berbagai fasilitas yang dimiliki TK Rumah Citta menjadi faktor pendukung dalam implementasi kurikulum, akan tetapi kelas yang tidak begitu luas dapat membatasi ruang gerak anak. Ketidaktersediaan Guru Pendamping Khusus (GPK) juga dapat menghabiskan/menguras energi bagi guru/edukator, karena beban kerja menjadi lebih berat. Hal ini dapat menjadi faktor penghambat dalam implementasi kurikulum inklusi di TK Rumah Citta. date: 2011-05-12 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga thesis_type: masters thesis_name: other citation: Sumiyati, NIM. 09261019 (2011) ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSI DAN IMPLEMENTASINYA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) RUMAH CITTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6860/1/BAB%20I%20dan%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6860/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf