%0 Thesis %9 Skripsi %A Nur Cholis Majid, NIM.: 18108040005 %B FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM %D 2024 %F digilib:68676 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K GCG, CSR, Nilai Perusahaan %P 124 %T PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN PERIODE 2018-2022 DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68676/ %X Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh good corporate governance (GCG) dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman periode 2018-2022 dengan kinerja keuangan sebagai variabel moderasi. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri barang dan konsumsi sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan jumlah keseluruhan 30 perusahaan. Sampel penelitian ditetapkan 8 perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode archival research berupa laporan keuangan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kepemilikan institusional tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan meningkatnya kepemilikan institusional juga tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan; (2) Kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhdadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan meningkatnya kepemilikan manajerial maka akan berpengaruh terhadap nilai perusahaan; (3) Corporate Social Reponsibility (CSR) berpengaruh positif dan siginifikan terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan meningkatnya Corporate Social Reponsibility (CSR) makan akan berpengaruh terhadap nilai perusahaan; 4) Kinerja keuangan memoderasi pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan adanya kinerja keuangan maka akan memperkuat hubungan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan; (5) Kinerja keuangan tidak memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan adanya kinerja keuangan tidak berpengaruh terhadap hubungan antara kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan; dan (6) Kinerja keuangan tidak memoderasi pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan adanya kinerja keuangan maka tidak berpengaruh terhadap hubungan antara Corporate Social Reponsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2018–2022. %Z Pembimbing: Egha Ezar Junaeka Putra Hassany, S.E.I., M.E