eprintid: 68676 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/86/76 datestamp: 2024-11-14 07:49:02 lastmod: 2024-11-14 07:49:02 status_changed: 2024-11-14 07:49:02 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Cholis Majid, NIM.: 18108040005 title: PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN PERIODE 2018-2022 DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI ispublished: pub subjects: 332 divisions: ak_syar full_text_status: restricted keywords: GCG, CSR, Nilai Perusahaan note: Pembimbing: Egha Ezar Junaeka Putra Hassany, S.E.I., M.E abstract: Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh good corporate governance (GCG) dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman periode 2018-2022 dengan kinerja keuangan sebagai variabel moderasi. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri barang dan konsumsi sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan jumlah keseluruhan 30 perusahaan. Sampel penelitian ditetapkan 8 perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode archival research berupa laporan keuangan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kepemilikan institusional tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan meningkatnya kepemilikan institusional juga tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan; (2) Kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhdadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan meningkatnya kepemilikan manajerial maka akan berpengaruh terhadap nilai perusahaan; (3) Corporate Social Reponsibility (CSR) berpengaruh positif dan siginifikan terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan meningkatnya Corporate Social Reponsibility (CSR) makan akan berpengaruh terhadap nilai perusahaan; 4) Kinerja keuangan memoderasi pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan adanya kinerja keuangan maka akan memperkuat hubungan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan; (5) Kinerja keuangan tidak memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan adanya kinerja keuangan tidak berpengaruh terhadap hubungan antara kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan; dan (6) Kinerja keuangan tidak memoderasi pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan bahwa dengan adanya kinerja keuangan maka tidak berpengaruh terhadap hubungan antara Corporate Social Reponsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2018–2022. date: 2024-06-25 date_type: published pages: 124 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Cholis Majid, NIM.: 18108040005 (2024) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN PERIODE 2018-2022 DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68676/1/18108040005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68676/2/18108040005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf