TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag ID - digilib68706 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68706/ A1 - Madi Supriyanto, NIM.: 18104010098 Y1 - 2024/09/30/ N2 - Latar belakang penelitian ini didasari pada maraknya degradasi moral khususnya oleh kalangan remaja, hal ini memicu tidak stabilnya sendi kehidupan dari segala aspek seperti politik, ekonomi, dll. Oleh karena itu, penting kiranya menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak untuk melestarikan misi rasulullah yakni menyempurnakan akhlak yang baik. Az-Zarnuji dan Thomas Lickona menawarkan solusi dengan kompleksitas pemikiran terkait peningkatan mutu karakter. Kedua tokoh ini berasal dari latar belakang budaya dan waktu yang berbeda, tetapi memiliki kesamaan dalam tujuan utama yaitu fokus pada pengembangan nilai karakter. Az-Zarnuji mengedepankan nilai-nilai yang bersumber dari tradisi Islam, sementara Thomas Lickona menarik dari nilai-nilai universal yang berlaku dalam konteks pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter perspektif az-Zarnuji dan Thomas Lickona serta mengkomparasikan kedua pemikiran tokoh tersebut mengenai nilai-nilai karakter untuk mengetahui persamaan dan perbedaannya, kemudian menelaah relevansi antara nilai karakter tersebut dengan Pendidikan Agama Islam. Metodologi penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (Library Research) yaitu upaya identifikasi secara sistematis dan analisis terhadap dokumen yang memuat informasi berkaitan dengan penelitian. Pendekatan menggunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai-nilai karakter yang ditawarkan oleh az-Zarnuji maupun Thomas Lickona memiliki persamaan seperti jujur, belas kasih, bekerja keras, tanggung jawab, peduli, demokratis, toleransi, dan disiplin. Sedangkan perbedaan nilai karakter diantaranya: Az-Zarnuji mencanangkan nilai cinta ilmu, bersahabat atau komunikatif, tawaduk, cerdas, bersungguh-sungguh, rajin, syukur, zuhud, tawakal, sabar, husnu?an, wara, religius, mandiri, menghargai prestasi, cinta damai, dan gemar membaca. Thomas Lickona merumuskan nilai keberanian, kontrol diri, kerjasama, rasa hormat, keadilan,belas kasih, cinta, dorongan atau dukungan, integritas, kebaikan, bijaksana, loyalitas, tolong menolong, kasih sayang, dan kewarganegaraan atau cinta tanah air. Nilai-nilai karakter dari kedua tokoh tersebut relevan dengan Pendidikan Agama Islam. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Nilai Karakter KW - Az-Zarnuji KW - Thomas Lickona M1 - skripsi TI - STUDI KOMPARATIF PARADIGMA NILAI KARAKTER PERSPEKTIF AZ-ZARNUJI DAN THOMAS LICKONA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AV - restricted EP - 282 ER -