eprintid: 68715 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/87/15 datestamp: 2024-11-15 06:17:46 lastmod: 2024-11-15 06:17:46 status_changed: 2024-11-15 06:17:46 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Sanjaya, NIM.: 20104010035 title: PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGHADAPI TRANFORMASI DIGITAL DI SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL ispublished: pub subjects: 297.77 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Problematika Pembelajaran, Lembaga Pendidikan, Era Digital note: Pembimbing: Dr. H. Rofiq, M.Ag abstract: Pesatnya perkembangan teknologi digital memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan. Kemudahan akses informasi dan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Namun di sisi lain berdampak negatif berupa merosotnya karakter, moral, etika, budi pekerti dan adab sebagaimana pemberitaan media massa saat ini. Fokus penelitian, 1) Bagaimana problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMAN 2 Banguntapan Bantul yang berkaitan dengan aspek adab peserta didik? 2) Bagaimana solusi pemecahan permasalahan yang dilakukan oleh guru dan sekolah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMAN 2 Banguntapan Bantul yang berkaitan dengan aspek adab peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (filed research) dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil peelitian menunjukkan bahwa, 1). Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMAN 2 Banguntapan Bantul yang berkaitan dengan aspek adab peserta didik adalah berbagai upaya, seperti halnya upaya preventif dimana program-program kerohanian terus di tingkatkan, sebagai contoh kegiatan PHBI, pondok romadhan, pengajian antar kelas, pembinaan dari guru BK, guru PAI, dan guru mapel lainnya. 2). Bahwasanya Generasi Z merupakan generasi yang sangat melek teknologi, dimana harus diimbangi dengan pembelajaran yang berbasis informasi teknologi untuk menghindari kebosanan dalam proses pembelajaran, hal ini akan berjalan maksimal manakala saling mendukung antara pendidik yang satu dengan lainnya. Sehingga teknologi yang pesat dan batasan-batasan penggunaan yang selalu mendapat perhatian senantiasa menghasilkan adab dan etika bermedia sosial sesuai dengan norma yang berlaku. date: 2024-08-29 date_type: published pages: 132 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sanjaya, NIM.: 20104010035 (2024) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGHADAPI TRANFORMASI DIGITAL DI SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68715/1/20104010035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68715/2/20104010035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf