TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. H. Rofik, M.Ag. ID - digilib68718 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68718/ A1 - Nur Maulana Malik Ibrohim, NIM.: 20104010103 Y1 - 2024/08/30/ N2 - Pemahaman sebagai bentuk dari ranah kognitif (pemahaman) peserta didik memiliki pengaruh yang cukup besar ranah afektif dan psikomotor, tanpa adanya ranah kognitif peserta didik sulit untuk berfikir secara luas, tanpa kemampuan kognitif peserta didik cenderung tidak dapat memahami dan meyakini terhadap materi-materi yang disajikan oleh guru, oleh karena itu pengembangan kemampuan kognitif (pemahaman) peserta didik penting dalam proses pembelajaran Al-Qur?an Hadist. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan teka-teki silang dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur?an Hadist terhadap kemampuan kognitif siswa kelas V di MI PUI Karangmangu. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan teka-teki silang dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan kognitif yang ditunjukan dari nilai uji t dengan nilai signifikansi (2 tailed) = 0,000 < 0,05. Itu artinya bahwa untuk meningkatkan kemampuan kognitif Al-Qur?an Hadist hendaknya dilakukan dengan menggunakan permainan teka-teki silang dengan pendekatan saintifik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Pembelajaran KW - Saintifik KW - Kemampuan Kognitif KW - Pembelajaran Al-Qur?an Hadist M1 - skripsi TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI (CROSSWORD PUZZLE) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR?AN HADIST TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS V MI PUI KARANGMANGU AV - restricted EP - 81 ER -