eprintid: 68740 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/87/40 datestamp: 2024-11-19 04:02:54 lastmod: 2024-11-19 04:02:54 status_changed: 2024-11-19 04:02:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Wulan Eldasari, NIM.: 22204032004 title: EFEKTIVITAS PERMAINAN LEGO BRICK UNTUK MENINGKATKAN MOOD POSITIVE AUD SEBELUM KEGIATAN MUROJA’AH DI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI ANAK KRAPYAK ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: piaud full_text_status: restricted keywords: Permainan Lego Brick, Mood Positive, Muroja’ah, Anak Usia Dini note: Pembimbing: Dr. Raden Rachmy Diana, S.Psi., M.A., Psi. abstract: Salah satu problem yang menyebabkan anak kurang bersemangat ketika proses pembelajaran adalah karena kondisi suasana hatinya sedang tidak baik, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kondisi mood anak mudah berubah-ubah, sehingga sebelum proses belajar dimulai sudah semestinya pendidik memastikan mood anak dalam keadaan baik-baik saja. Mood positive anak merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi kesiapan belajar dan kemampuan mereka dalam mengikuti proses belajar dan menerima materi. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana proses penerapan permainan lego brick dalam meningkatkan mood positive anak usia dini sebelum kegiatan muroja’ah (2) untuk menguji efektivitas permainan lego brick dalam meningkatkan mood positive anak usia dini sebelum kegiatan muroja’ah. (3) untuk mengukur seberapa besar nilai efektifitas dari permainan lego bricks dalam meningkatkan mood positive pada anak. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif eksperimen dengan bentuk kuasi eksperimen dan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 8 anak usia dini yang memiliki kondisi mood positive kategori rendah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan lembar instrumen observasi dalam bentuk checklist behavior. Pengambilan data dilakukan untuk mengukur perubahan mood positive anak sebelum dan sesudah bermain lego. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan nilai treatment df = 7 dan p = 0,000 < 0,05, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menyatakan bahwa anak-anak yang terlibat dalam permainan lego sebelum kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan mood positive secara signifikan. Hasil perhitungan N-Gain Score menunjukkan nilai mean sebesar 0,8175 > 0,7, maka kategori yang diperoleh adalah tinggi. Sedangkan nilai mean N-Gain Persen adalah sebesar 81,7464 % atau 81,7 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain dengan alat permainan lego brick (pada kelas eksperimen) efektif untuk meningkatkan mood positive anak dengan nilai efektivitas sebesar 81,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat permainan lego brick efektif dalam meningkatkan mood positive anak sebelum muroja’ah. Sehingga permainan ini dapat digunakan sebagai salah satu strategi untuk mempersiapkan anak secara emosional dan mental dalam menghadapi proses belajar. date: 2024-10-25 date_type: published pages: 129 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Wulan Eldasari, NIM.: 22204032004 (2024) EFEKTIVITAS PERMAINAN LEGO BRICK UNTUK MENINGKATKAN MOOD POSITIVE AUD SEBELUM KEGIATAN MUROJA’AH DI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI ANAK KRAPYAK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68740/1/22204032004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68740/2/22204032004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf