%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhammad Ivang Rizaldi, NIM.: 20104020025 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2023 %F digilib:68787 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K analisis isi; tata bahasa Arab; buku teks %P 171 %T Tahlil al-Muhtawa lil kitab al-‘Awamil al-Jurjani li al-Syeikh Abd al-Qahir al-Jurjani (min al Nahiyati al-Ikhtiyar wa al-Tadarruj wa al-‘Urdh wa al-Tikrar) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68787/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep isi materi yang meliputi aspek seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi dari kitab al-‘Awamil al-Jurjani li al-Syeikh Abd al-Qahir al-Jurjani. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi kepustakaan (library research). Objek penelitian ini adalah kitab al-‘Awamil al-Jurjani li al-Syeikh Abd al-Qahir al-Jurjani. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan metode content analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Konsep seleksi yang ada dalam kitab al-‘Awamil al-Jurjani telah memenuhi beberapa tahap seleksi yaitu frequency, range, availability, coverage dan learnability. (2) Konsep gradasi yang ada dalam kitab al-‘Awamil al-Jurjani ada dua yakni gradasi lurus dan gradasi putar. Secara keseluruhan kitab al-‘Awamil al-Jurjani menggunakan gradasi lurus akan tetapi juga terdapat gradasi putar ada satu subbab dari kitab tersebut. (3) Konsep presentasi materi yang ada dalam kitab al-‘Awamil al-Jurjani hanya terdiri dari dua prosedur yakni prosedur diferensial dan prosedur kontekstual. Sedangkan prosedur pictoral dan ostensif tidak ditemukan. Terkait prosedur diferensiasi terdapat dua aspek sekaligus yakni aspek eksplanasi dan aspek terjemahan. Lalu pada prosedur kontekstual penulis kitab hanya menggunakan aspek definisi, subtitusi, dan enumerasi dalam penyajian materi. (4) Konsep repetisi yang terdapat dalam kitab al-‘Awamil al-Jurjani adalah dalam bentuk penerapan kaidah yang telah lewat pada penjelasan contoh di kaidah selanjutnya dengan tujuan pembelajar kitab ini bisa memahami terhadap kaidah-kaidah yang telah lewat. %Z Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, M.Pd.I